‘Michele Pirro Punya Peran Besar di Ducati’

Jakarta (Tenaga Kuda) – Di tengah pencapaian apik Ducati di MotoGP 2017, para penonton hanya membicarakan Andrea Dovizioso, Jorge Lorenzo dan Casey Stoner. Padahal pembalap tes Michele Pirro juga memainkan peran penting dalam kesuksesan Ducati.

Sama seperti Honda yang mendapat keuntungan dari tim satelit, LCR, Ducati pun juga mendapat hasil yang sama dengan kehadiran Pirro. Setidaknya itulah yang dikatakan oleh Cal Crutchlow.

Sebab di Honda, meski dirinya hanya pembalap tim satelit, Crutchlow dikontrak pabrikan Honda dan bertanggung jawab atas pengembangan teknis Honda RC213V bersama duo pembalap Repsol Honda Marc Marquez dan Dani Pedrosa.

Selain di balapan dan tes resmi, jatah lima hari tes pribadi Cal juga membantu pengembangan tiap motor.

Dari sisi Pirro, sejak bergabung dengan Ducati, selain bertugas melakukan pengujian, Pirro juga puluhan kali ikut balapan, entah dengan jalur wild card atau sebagai pembalap pengganti.

Selama penampilan tersebut, Pirro telah terbukti konsisten dengan cepat, lolos ke urutan kelima di Misano pada tahun 2015 dan hampir selalu masuk sepuluh besar.

“Pirro sedang melaju dan lihat apa yang dia lakukan untuk Ducati dalam dua tahun terakhir. Dia bukan pembalap tercepat di dunia, tapi dia adalah pembalap sungguhan yang bisa melakukan pekerjaan itu dan ada perbedaan besar antara dua detik dan satu detik.”

SHARE