‘Miller ke Ducati adalah Kesalahan Honda’

Jerez (Tenaga Kuda) – Salah satu transfer yang mengejutkan di akhir musim 2017 adalah hengkangnya Jack Miller dari tim satelit Honda, Marc VDS ke Pramac Ducati. Itu semua diyakini adalah karena kesalahan Honda.

Paling tidak itulah yang dipercaya oleh Team Principal Marc VDS, Michael Bartholemy. Dia mengkritik kurangnya dukungan Honda dalam upaya mempertahankan Miller.

Padahal performa Miller tidaklah terlalu jelek. Dia sukses meraih satu kemenangan di Assen 2016. Namun, Honda tidak juga memperpanjang kontrak Miller.

“Jack, bagi saya pembalap untuk 2018. Saya merasa pabrikan seharusnya tidak kehilangan pembalap seperti Jack Miller,” bukanya.

“Penting untuk mempertahankannya bagi proyek kami, dan sudah jelas Marc (van der Straten, pemilik tim) membuat komitmen besar terhadapnya. Tapi ada satu atau dua hal yang diminta Jack kepada Honda pada 2018 yang mana sama sekali tidak berada di tangan tim Marc VDS.”

“Kami juga berusaha membantu sebanyak mungkin. Kami banyak berdiskusi dengan Honda. Kami mengatakan tidak masalah apa yang harus dilakukan, dan kami akan mewujudkannya. Tapi kami tidak pernah mendapat jawaban positif.”

“Dan dalam satu momen Anda harus hidup dengan keputusannya. Bahkan jika dia, katakanlah 90% memutuskan pergi ke Ducati, selalu ada 10% kesempatan (untuk mempertahankannya). Selama ini saya mendorong untuk membuatnya tetap berada di tim.”

“Tapi tidak pernah ada dukungan dari pihak Honda untuk mewujudkannya, dan itulah alasan mengapa kami kehilangan dia.”

Karena kepergian Miller, musim depan, Marc VDS akan diperkuat dua pembalap debutan yakni Franco Morbidelli dan Thomas Luthi.

SHARE