Modifikasi Audio Toyota Land Cruiser LC200, Hasil Bongkar Pasang Setahun

Modifikasi Audio Toyota Land Cruiser LC200

Jakarta (TenagaKuda) – Sepintas Toyota Land Cruiser Sahara ini terlihat biasa saja, bahkan ketika pintu-pintunya dibuka, tidak ada ubahan modifikasi audio yang ekstrim disana. Tapi siapa sangka modifikasi audio Toyota Land Cruiser LC200 yang satu ini telah berhasil meraih predikat Champion of Champion (COC) SQ pada PAHAMI IIMS 2019.

Ronald Safar dari tim Anak Sekolahan Dilawan by Bestbuddyshop.com ini memang kembali mengandalkan Toyota Land Cruiser miliknya untuk ikut dalam kontes car audio PAHAMI yang digelar di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Kompetisi ini mewajibkan seluruh peserta untuk bertanding di empat asosiasi car audio sekaligus yakni IASCA, USACI, EMMA, dan MECA selama sembilan hari berturut-turut.

Modifikasi Audio Toyota Land Cruiser LC200

Meraih angka tertinggi untuk kategori SQ (Sound Quality), Ronald menyebutkan, ini adalah kemenangan tahun kedua pada kompetisi yang sama. “Tahun lalu di IIMS 2018 saya juga menang COC SQ dengan mobil yang sama. Tapi sebenarnya bukan kemenangan yang jadi target saya, karena saya sukanya bangun mobil buat hobi bukan buat kompetisi,” ucap dia ketika ditemui di Jakarta, Jumat (17/05/2019).

Lebih lanjut ia menjelaskan, sejak kemenangan di COC SQ 2018, tidak banyak perubahan yang ia lakukan pada modifikasi audio Toyota Land Cruiser LC200 miliknya. “Secara keseluruhan sebenarnya tidak banyak yang berubah, tapi saya terus lakukan trial and error sampai dapat setingan yang membuat saya puas,” ucapnya.

Modifikasi Audio Toyota Land Cruiser LC200

Ia bahkan menceritakan, proses trial and error ini dilakukan dirinya sendiri dibantu dengan tim Audioworkshop besutan Wahyu Tanuwidjaja selaku foundernya. “Jadi ibaratnya setelah saya pasang perangkat untuk upgrade komponen audio, tim dari Pak Wahyu lakukan setting dan dengarkan hasilnya. Ternyata saya kurang puas, kita cari lagi racikannya sampai benar-benar ketemu yang sesuai saya dan Pak Wahyu. Bahkan hal itu kita lakukan sampai 9 step,” kata dia.

Sedikit menjelaskan tentang Land Cruiser yang membawa dirinya dua kali menang COC SQ di IIMS 2018 dan IIMS 2019, Wahyu Tanuwidjaja menyebut kalau tantangan terbesar adalah membuat mobil tidak tampak heboh dengan perangkat audio. “Jadi kalau dilihat, bagasi tetap bisa simpan koper, tidak ada subwoofer besar di belakang, jok belakang juga masih bisa dilipat, benar-benar bersih,” katanya.

Modifikasi Audio Toyota Land Cruiser LC200

Untuk menerapkan teknik tersebut, tim Anak Sekolahan Dilawan by Bestbuddyshop.com menerapkan beberapa langkah yang cukup antimainstream. Misalnya saja penggunaan headunit layar jumbo mirip kepunyaan mobil Tesla, sistem speaker yang tetap mempertahankan fungsi airbags, hingga pemasangan subwoofer di pilar yang menggunakan box aluminium.

Sementara untuk perangkatnya, ia menyebut jika dirinya mengandalkan produk-produk dari Dominations car audio dan Focal. “Kalau dibilang berapa lama pengerjaannya, sebenarnya sejak COC IIMS 2018 mobil sudah kita bongkar untuk proses trial and error, jadi bisa dibilang setahun kali ya,” ucap Ronald.

Modifikasi Audio Toyota Land Cruiser LC200

Dan ketika ditanya apakah dirinya akan terjun lagi untuk kompetisi yang sama di IIMS 2020, Ronald menyebutkan jika itu belum ada dalam rencananya. “Mungkin perangkat yang ada sekarang akan saya pindahkan ke mobil lain, dan mobil ini saya mau coba pakai perangkat lain, tapi belum tau apakah ikut lagi untuk COC atau tidak,” pungkasnya.

SHARE