Morbidelli: Moto2 Berbeda dengan MotoGP

Jerez (Tenaga Kuda) – Juara dunia Moto2 2017, Franco Morbidelli akan naik kelas ke MotoGP mulai musim 2018. Anak didik Valentino Rossi ini pun mengakui bila MotoGP sangat berbeda dengan Moto2.

Apalagi sejak kelas menengah diberi nama Moto2 di 2010, hanya Marc Marquez yang sukses merebut gelar juara dunia MotoGP. Kenyataan ini pula yang ditenggarai menjadi bukti betapa sulitnya melakukan transisi dari Moto2 ke MotoGP.

“Saya tidak tahu. Saya penasaran untuk melihat apakah saya siap. Ini sebuah tantangan, dan saya siap untuk menghadapinya,” buka Morbidelli di Motorsport.

“Saya tidak tahu bagaimana ujungnya, tapi saya siap menghadapinya dan melakukan segalanya untuk mencetak hasil bagus. Saya juga tidak tahu apakah hasilnya akan bagus, yang pasti saya akan mencobanya.”

Tapi, meski deretan alumni Moto2 tidak memuaskan ketika tampil di MotoGP, Morbidelli tetap percaya bila Moto2 adalah ajang persiapan yang oke bagi seorang pembalap sebelum ke kelas utama.

“Ya, pastinya. Moto2 adalah kategori yang sulit, khususnya dalam tiga tahun terakhir. Semua pembalap memiliki motor dan mesin yang sama. Satu-satunya yang sedikit berubah hanya suspensi dan bagaimana cara kerjanya,” tuturnya.

“Menurut saya, Moto2 mengembangkan banyak pembalap dalam sudut pandang gaya berkendara dan metode kerja. Jadi, ya, ini kategori yang bagus.

“Namun, Anda tahu, MotoGP akan menjadi cerita yang sama sekali berbeda tentang ban. Mungkin apa yang bekerja di Moto2, menjaga usia ban, tidak bekerja di MotoGP. Jadi, saya hanya akan membatalkan semuanya.

“Juga elektronik. Saya tidak tahu apa-apa tentang elektronik. Mungkin itu hal yang baik, tapi saya tidak tahu. Kita lihat nanti, dan saya siap untuk belajar.”

SHARE