Morbidelli: Tenaga Motor Balap MotoGP Sangat Besar

Valencia (Tenaga Kuda) – Walaupun mampu menjadi pembalap tangguh di arena Moto2 dan merebut titel di kelas tersebut pada musim 2017, bukan berarti Franco Morbidelli bisa langsung mengendalikan motor balap MotoGP. Menurutnya, kekuatan motor balap MotoGP sangat besar.

Karena itulah tak heran bila anak didik Valentino Rossi ini sudah crash di lap pertama pengetesan di Valencia beberapa waktu lalu.

Bukan apa-apa, Honda RC213V yang dia gunakan punya kekuatan lebih dari 260bhp.

“Ini fantastis. Ini fantastis karena semua orang mengatakan kepada saya, ‘Ya, besok Anda akan merasakan kekuatan luar biasa’ dan hal-hal seperti itu. Motor sebenarnya memiliki tenaga yang menakjubkan namun penyaluran tenaganya sangat halus.”

“Sangat banyak pula pengendara yang ramah. Itu bukan kejutan buat saya.”

“Awalnya saya banyak berjuang untuk melihat papan pit. Saya berurusan dengan banyak wheelies dan kekuatan (mesin). Tapi setelah beberapa putaran Anda terbiasa dan Anda mulai melihat papan pit seperti biasa.”

“Saya masih butuh tiga lap untuk bisa menggunakan tenaga lagi dan memeriksa semuanya baik-baik saja. Lalu setelah tiga lap saya bisa melihat papan pit.”

Hal lain yang membuatnya terharu adalah ketika di sesi tes berada satu lintasan dengan Marc Marquez dan Valentino Rossi. Tak mengherankan, sebab keduanya adalah juara dunia dan idola banyak orang.

“Saat itu sangat emosional,” pungkasnya.

SHARE