Motor Unik dari Kayu dengan Bahan Bakar dari Ganggang

Jakarta (Tenaga Kuda) – Melihat motor ini, mungkin Anda akan berpikir ini adalah motor biasa. Tapi jangan salah. Motor ini dibangun dari bahan kayu, bukan besi.

Lebih menarik lagi, bahan bakar yang digunakan juga bukan bensin, melainkan bahan bakar yang diolah dari ganggang.

Proyek ini dimulai oleh Ritsert Mans dua tahun lalu. Mereka ingin membangun motor yang terinspirasi alam.

ritsert-mans-peter-mooij-wood-algae-oil-motorcycle-2017-1

Karena itu tak heran bila rangka motor ini terbuat dari kayu birch dan oak. Rangka motor yang terbuat dari birch dipadu dengan serat rami yang disatukan menggunakan lem kayu biasa.

Tak hanya itu, swingarm dan setang motor juga dibuat dari bahan yang sama. Untuk menggerak, mesin 500cc dicangkok ke motor ini.

“Tantangan bagi saya adalah bagaimana setiap bagian motor bisa diberikan oleh alam,” kata Mans kepada New Atlas.

ritsert-mans-peter-mooij-wood-algae-oil-motorcycle-2017-3

“Seperti gabus untuk peredam dan rami musim semi untuk beberapa penguat. Dengan desain saya harus memicu imajinasi saya,” tambahnya.

Ada pun jantung mekanis motor ini adalah mesin satu slinder berkapasitas 500cc yang sudah diracik ulang agar mampu meminum bahan bakar yang dibuat dari ganggang.

“Sama seperti buah zaitun, mikroalga menghasilkan minyak,” kata Mooij.

ritsert-mans-peter-mooij-wood-algae-oil-motorcycle-2017-4

“Dan seperti buah zaitun, kita bisa mengeluarkan minyak ini dari ganggang. Minyak ini bisa digunakan dengan mesin diesel sederhana tanpa perubahan apapun.”

“Minyak alga memiliki beberapa kelebihan. Alga melakukan fotosintesis dan dengan proses ini alga mengubah CO2 dari atmosfer menjadi minyak. Jika minyak ini dibakar di motor Rits, CO2 dipancarkan, namun jumlah CO2 yang dipancarkan sama persis dengan jumlah CO2 yang ada.”

SHARE