Mulai Desember 2014, Motor Dilarang Lewat Jalan Medan Merdeka – HI, Bro!

Jakarta (TenagaKuda) – Brader… Buat yang tinggal di Jakarta atau tiap hari beraktivitas di Jakarta, ada informasi penting nih. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal mengelurakan peraturan larangan sepeda motor melintas di sejumlah ruas jalan di Ibukota.

Pelarangan motor melintas di kawasan tersebut rencananya akan dilakukan mulai Desember 2014. Jalur Jalan Medan Merdeka Barat hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI) akan menjadi proyek percontohan peraturan tersebut.

“Rencananya kita akan batasi pergerakan sepeda motor. Ini pemanasan sepanjang dari Istana di Jalan Merdeka Barat sampai Bundaran HI,” ujarnya Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta M Akbar di Balai Kota DKI Jakarta. Dan sebagai kompensasinya, Pemprov akan menyediakan bus tingkat gratis sebagai sarana transportasi pengganti untuk para riders.

Sebagai langkah awal Pemprov akan menyediakan lima bus tingkat. “Bus tingkat terbatas baru 5, baru mau datang lagi 10. Kita baru berani membatasi dari Harmoni sampai ke Bunderan HI, jadi nantinya motor bisa lewat belakang (jalan kampung) yang tidak ada larangan itu,” timpal pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Ahok mengatakan, para pengendara roda dua nantinya diwajibkan memarkir kendaraannya di sejumlah titik tempat parkir yang sudah disediakan. Kemudian mereka akan disediakan kendaraan bus gratis untuk menjangkau tempat tujuannya masing-masing.

“Kan setiap gedung bisa parkir seperti di luar, nah dia parkir terus naik bus, supaya mengurangi kemaceten, karena Jakarta terlalu macet,” kata Ahok. [Pra/Syu]

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here