All New Suzuki Ertiga 2018 Bisa Pakai Sparepart Ertiga Lawas

All New Suzuki Ertiga

Walau pakai platform, mesin, dan desain eksterior serta interior baru, ternyata All New Suzuki Ertiga 2018 masih bisa pakai part Ertiga lawas.

Sentul (Tenaga Kuda) – All New Suzuki Ertiga 2018 menggunakan platform dan mesin baru. Selain itu, penampilan eksterior dan interiornya juga baru. Bisa dibilang, inilah Ertiga generasi terbaru.

Totok Yulianto, 4W Service Section Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menjelaskan, hampir semua hal dari All New Suzuki Ertiga 2018 berbeda dibanding Ertiga sebelumnya. Contohnya untuk bagian rangka, Suzuki menggunakan platform HEARTECT.

“HEARTECH adalah penamaan untuk platform terbaru kami, jadi bukan singkatan atau apa. Dan platform ini juga dipakai untuk Ignis serta Neo Baleno,” kata Totok disela acara HUT Forum Wartawan Otomotif Indonesia ke-15 di Sentul City, Jawa Barat, Sabtu (12/05/2018).

Menurut Totok, platform baru ini punya beberapa kelebihan. Diantaranya bobot yang lebih ringan akibat pemangkasan pada beberapa bagian dari platform Ertiga sebelumnya. “Ini mempengaruhi bobot keseluruhan mobil juga yang menjadi lebih ringan,” kata dia.

Ketika bobot mobil lebih ringan, maka ada beberapa keunggulan bagi pengemudi. Yakni konsumsi bahan bakar lebih efisien, jarak pengereman yang lebih singkat, serta manuver di tikungan yang lebih baik.

Dirinya menjelaskan, setiap penurunan berat bodi mobil 100 kg, maka akan mengurangi konsumsi bbm 5-6%. “Hasil pengujian untuk All New Ertiga manual konsumsi bahan bakarnya 18,09 km/l, sementara Ertiga transmisi manual yang lama 17,51 km/l,” ucap Totok.

Selain platform yang berubah dan juga desain eksterior serta interior, ruang mesin juga berbeda dibanding Ertiga lama. Ia menyebut, ada beberapa material mesin yang menggunakan bahan lebih ringan sehingga ini juga turut membuat berat keseluruhan kendaraan berkurang.

Namun yang menarik, ternyata All New Suzuki Ertiga 2018 menggunakan hampir 50% suku cadang yang sama dengan Ertiga sebelumnya. “Untuk part utama seperti piston, gear ratio, atau crankshaft memang berbeda. Tapi hampir 50% part lainnya sama dengan Ertiga lama. Jadi masih bisa pakai sparepart dari Ertiga sebelumnya,” kata Totok.

Ia menegaskan, langkah ini sengaja dilakukan oleh Suzuki, mengingat Ertiga sudah tenar dengan ketahanan mesinnya.

SHARE