Nih Cara Biar Cat Kendaraan Bebas Noda Serpihan Kerikil atau Aspal

stone guard

Jakarta (TenagaKuda) – Bro and Sis, mungkin motor atau mobil kalian pernah terkena noda serpihan kerikil atau aspal dari jalan raya. Biasanya serpihan kerikil atau aspal itu menmepel di cat kendaraan bagian bawah.

Nah kalau sudah nempel, untuk membersihkannya cukup sulit Bro. Dari pada repot harus bersihkan setiap kali ada noda kerikil atau aspal, sebaiknya kalian pasang alat yang namanya stone guard.

stone guard

Aksesoris ini bentuknya seperti stiker bodi, tapi dibuat bening. “Namanya berbeda-beda, ada yang mengenalnya laminating mobil, ada yang PPF (Paint Protection Film), tapi semuanya sifatnya sama,” kata Tomi Gunawan dari workshop Tomi Airbrush ketika ditemui di Jakarta, Jumat (24/05/2019).

Ia menjelaskan, stone guard ini dipasang layaknya stiker bodi mobil atau motor. Namun karena bening, maka tidak akan merubah warna dasar dari mobil atau motor itu sendiri. “Dan fungsinya mirip screen protector di ponsel,” ucap Tomi.

Untuk pemasangan stone guard ini, Tomi menyebut bisa di beberapa bagian saja seperti kap mesin, pintu mobil, atau bagian bawah kendaraan, misalnya dekat fender atau dekat mesin. Tapi kalau kalian mau, pemasangan bisa juga di seluruh bodi mobil atau motor kalian.

stone guard

Dengan ketebalan stiker tidak lebih dari 1 mm, menurut Tomi stone guard juga memiliki beberapa kelebihan dibanding Bro and Sis pasang stiker bodi. Diantaranya tidak merubah warna dasar mobil sehingga aman tidak ditilang polisi, dan bodi tetap bisa dicuci seperti biasa pakai shampo bahkan bisa di poles.

Untuk biaya, stone guard ini ditawarkan dengan berbagai merek yang harganya mulai dari Rp12 juta hingga Rp70 juta. Semua tergantung besaran permukaan yang mau dilapis, kalau cuma per panel juga pasti lebih murah dari itu. “Bisa dipakai hingga 2-3 tahun,” tutup Tomi.

SHARE