Nih Mobil Berbahan Bakar Sampah Plastik Kreasi Mahasiswa UGM

Smart Car MCS

Mobil berbahan bakar sampah plastik ini dinamai Smart Car MCS. Idenya adalah menjadikan sampah sebagai bahan yang bisa didaur ulang untuk menghasilkan energi yang ramah lingkungan.

London (TenagaKuda) – Smart Car MCS (Microalgae Cultivation Support) merupakan kreasi dari mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM). Idenya adalah untuk dapat mengkonversikan limbah plastik menjadi energi yang ramah lingkungan.

Smart Car MCS“Gagasan ini lahir dari kepedulian kami melihat lingkungan di sekitar kami. Berbagai uji coba, diskusi panjang dengan tim dan para dosen kami lakukan untuk melahirkan gagasan yang diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masa depan dunia,” ujar Herman, Tim Manajer Smart Car MCS.

Mobil ini didesain dengan reaktor pirolisis yang dapat menampung 2 kg sampah plastik. Proses pirolisis plastik adalah proses degradasi plastik menggunakan panas suhu tinggi tanpa adanya oksigen. Sumber panas datang dari gas buang knalpot mobil yang suhunya dapat mencapai diatas 400 derajat Celsius.

Smart Car MCSMobil ini juga dilengkapi dengan teknologi Microalgae Cultivation Support (MCS) yang digunakan untuk mengurangi jumlah CO2 gas buang pada kendaraan. Pengembangan Smart Car ini tidak hanya dapat memproduksi bahan bakar dan biofuel namun juga mengurangi persoalan sampah dan menciptakan lingkungan yang lebih baik.

Tim Smart Car MCS menjadi satu-satunya tim mahasiswa Indonesia yang sukses mencapai tahap final dan menjadi juara sejak pertama kali kompetisi Shell Ideas360 2017/2018 yang berlangsung di London, Inggris.

Smart Car MCSTim dari dari UGM ini juga berhasil mengalahkan 4 tim finalis lainnya yang berasal dari 4 negara berbeda. Yaitu tim mahasiswa dari American University of Sharjah (Uni Emirat Arab), University of Texas (Amerika Serikat), University of Bordeaux (Perancis) dan University of Melbourne (Australia).

SHARE