Nyobain Fitur Wuling WIND : Lucu Ya Mobil Bisa Ngomong!

Wuling Almaz 7 seater

Tangerang (TenagaKuda) – Halo Wuling… Dua kata itu seakan jadi tagline baru bagi Wuling Motors. Padahal tidak ada kampanye marketing khusus untuk mengkomunikasikan ungkapan ini.

Semuanya berawal dari satu aplikasi perangkat lunak yang belum lama ini diperkenalkan oleh pihak Wuling Motors. Wuling WIND merupakan nama aplikasi tersebut, yang merupakan kependekan dari Wuling Indonesian Command. Sebuah aplikasi voice command pertama di Indonesia yang mungkin juga pertama di dunia yang menggunakan pengenal suara Bahasa Indonesia.

“Keren juga sih bisa pakai bahasa Indonesia, untuk mendeteksinya juga tidak sulit,” ucap Zulfikar, satu dari ribuan pengunjung booth Wuling Motors di GAIKINDO Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2019 yang sempat berbincang dengan tim TenagaKuda, Sabtu (20/07/2019).

Wuling WIND

Lebih lanjut dia bertutur, kalau sebelumnya ia memiliki mobil yang juga dilengkapi fitur voice command. “Tapi dulu mobil saya bisanya pakai bahasa Inggris. Apalagi aksennya harus jelas, jadi kalau kita ngomongnya kurang jelas, perintahnya tidak mau jalan. Jadi percuma, tidak pernah fiturnya dipakai sampai mobilnya dijual,” ucap pria yang datang ke GIIAS 2019 bersama putra dan istrinya itu.

“Keren sih mobil Cina tapi punya fitur yang advance seperti ini,” pungkasnya. Sementara sang istri juga terlihat antusias mencoba fitur baru yang ada di Wuling Alamz ini saat duduk di jok baris kedua Almaz. “Seru sih, gak cuma bisa dengerin lagu doang, tapi juga bisa buka sunroof segala gak perlu pencet tombolnya,” ucap sang istri berhijab itu. “Lucu, mobilnya bisa ngomong,” timpal anaknya ketika diminta komentar tentang fitur ini.

Komentar dari pengunjung booth Wuling Motors di GIIAS 2019 ini tentu saja kembali menggelitik rasa penasaran kami. Benarkah fitur Wuling WIND tersebut semenarik itu? Kami pun mencobanya pada unit Almaz yang dipajang di panggung booth tersebut.

Wuling WIND

Mengaktifkan Wuling WIND

Untuk bisa memanfaatkan aplikasi ini, ternyata harus dipastikan dulu headunit 10,4 inci yang ada pada Wuling Almaz dalam keadaan aktif. Caranya, hidupkan mesin mobil, lalu aktifkan headunit dengan menekan tombol powernya. Setelah headunit aktif, maka Bro and Sis bisa langsung memberikan perintah suara dengan mengucapkan: “Halo Wuling”.

Mendengarkan Radio

Percobaan pertama yang kami lakukan pada fitur pintar ini adalah mengaktifkan fitur Radio. Sesuai instruksi dari staf Wuling di GIIAS 2019, kami cukup mengucapkan: “Halo Wuling”, kemudian tunggu sampai ada respon dari sistem pengenal suara tersbeut yang mengucapkan “Halo”, maka baru bisa memberikan perintah suara berikutnya, seperti “Aktifkan Radio”. Maka otomatis fitur pada headunit akan berganti ke mode Radio.

Mengganti Frekuensi Radio

Saat mendengarkan radio namun kalian bosan dengan siaran distasiun radio tersebut, Anda juga bisa mengganti frekuensi radio dengan perintah suara WIND ini. Caranya cukup sebutkan “Halo Wuling”, tunggu sampai ada balasan “Halo” kemudian berikan perintah suara “Ganti ke frekuensi 101 FM”. Maka sistem pada headunit itu akan memilih frekuensi yang kalian kehendaki.

Mengganti Daftar Lagu

Selain itu dengan perintah suara juga bisa mengganti lagu yang sedang diputar, kalau kalian tengah mengaktifkan mode CD atau MP3 player. Caranya tinggal ucapkan: “Halo Wuling”, kemudian ucapkan lagi “Ganti ke lagu berikutnya”.

Wuling WIND

Aktifkan USB atau AUX

Jika headunit tersebut tengah terhubung dengan perangkat ponsel melalui jaringan USB atau AUX IN, maka perintah suara ini juga bisa langsung melakukan penggantian akses untuk koneksi ke ponsel tersebut. Caranya: ucapkan “Halo Wuling”, kemudian ucapkan “Aktifkan USB” atau “Aktifkan AUX”.

Mengatur Volume Audio

Perintah suara WIND juga bisa mengatur volume suara audio. Baik untuk menaikkan, menurunkan, mute, atau unmute. Caranya dengan ucapkan: “Halo Wuling”, lalu sebutkan “Naikkan volume suara/audio”, atau “Turunkan volume audio”.

Panggilan Telepon

Ketika headunit terkoneksi dengan perangkat ponsel kalian, dengan Wuling WIND juga bisa melakukan panggilan suara untuk telepon. Misalnya dengan mengucapkan: “Halo Wuling”, lalu ucapkan “Telepon istri”. Maka sistem akan membaca nomor kontak telepon di ponsel Anda yang ada label Istri, kemudian melakukan panggilan telepon.

Jika tidak ada di daftar kontak, kalian juga tetap bisa memberikan perintah suara, yakni dengan cara: “Halo Wuling” kemudian sebutkan “Lakukan panggilan telepon ke 08888 (sebutkan nomor telepon yang dituju)”. WIND juga bisa melakukan perintah suara untuk panggilan ulang (redial).

Wuling WIND

Mengatur AC

Karena pengaturan AC Wuling Alamz ada pada headunit tersebut, maka dengan WIND juga bisa melakukan pengaturan AC. Cukup ucapkan: “Halo Wuling” kemudian tunggu respon “Halo”, maka selanjutnya tinggal mengucapkan “Aktifkan AC”.

Jika merasa suhu AC kurang optimal juga bisa diatur dengan perintah suara. Yakni dengan menyebutkan: “Halo Wuling”, lalu ucapkan “Naikkan suhu AC” atau “Turunkan suhu AC”. Menariknya, sistem juga bisa mengenali hanya dengan menyebut: “Halo Wuling”, kemudian sebut “Saya kedinginan” atau “Saya kepanasan”, maka sistem akan otomatis memberikan perintah untuk mengatur suhu AC ke suhu normal.

Membuka Panoramic Sunroof

Dengan perintah suara berbahasa Indonesia ini, kalian juga bisa membuka atau menutup panoramic sunroof pada Wuling Almaz tanpa perlu menekan tombolnya. Cukup dengan ucapkan “Halo Wuling”, lalu sebutkan “Buka sunroof” atau “Tutup sunroof”. Atau bisa juga “Buka sunroof sebagian” atau “Tutup sunroof sebagian”.

Buka Kaca Jendela

Nah ini juga cukup menarik Bro and Sis. Bagaimana tidak, dengan Wuling WIND bisa juga memberikan perintah suara untuk menurunkan atau menaikkan kaca jendela pengemudi. Tinggal ucapkan: “Halo Wuling” lalu ucapkan “Buka kaca jendela” atau “Tutup kaca jendela”, maka sistem akan melakukan tugasnya dengan baik.

Cek Tekanan Angin Ban

Kalau mau mengecek tekanan angin ban secara real time saat berkendara, WIND juga mampu mengoperasikan fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS). hanya perlu ucapkan: “Halo Wuling”, kemudian “Aktifkan TPMS”, atau “Cek tekanan angin ban”.

Asisten Pribadi

Terakhir, Wuling WIND juga bisa bertindak seperti layaknya asisten pribadi Anda. Yakni dengan menunjukkan informasi waktu dan tanggal. Hanya perlu ucapkan: “Halo Wuling”, “Jam berapa sekarang”.

Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors menjelaskan jika fitur Wuling WIND dapat diaktifkan dengan mengucapkan kata kunci “Halo Wuling”. “Ini seperti wakeup code untuk WIND, jadi ketika tidak sebutkan kata kunci itu, sistem tidak akan membaca sebagai perintah suara,” katanya.

Wuling WIND

Berikut daftar harga Wuling Almaz 2019 :

Almaz Smart Enjoy (MT) : Rp 263.800.000

Almaz Smart Enjoy (CVT) : Rp 275.800.000

Almaz Exclusive (CVT 5-seater) : Rp 328.800.000

Almaz Exclusive (CVT 7-seater) : Rp 338.800.000

SHARE