Pasar Motor Terbesar di Dunia Kini Dipegang India

New Delhi (Tenaga Kuda) – Pasar motor dunia mengalami pergolakan. Tahun lalu India sukses menjelma menjadi pasar motor terbesar di dunia menggeser posisi China yang sudah ada dipuncak selama bertahun-tahun.

Pergerakan ini bagaikan pergeseran tektonik dalam lanskap pasar motor dunia. Tahun lalu, ada lebih dari 17,7 juta sepeda motor terjual di India. Itu berarti lebih dari 48.000 motor yang terjual setiap hari.

Dibandingkan dengan China, itu adalah margin yang besar, sekitar satu juta motor, karena hanya 16,8 juta unit motor terjual di China tahun lalu.

India memang telah mengalami peningkatan tajam dalam penjualan kendaraan roda dua selama tujuh tahun terakhir dengan pertumbuhan lebih dari 32% selama jangka waktu tersebut.

Pergerakan bisnis kendaraan pun didorong oleh motor. Sebab penjualan mobil dan kendaraan roda tiga terhitung statis. Dengan demikian, kira-kira 80% dari semua kendaraan yang ada di jalan di India terdiri dari dua roda.

Tren penjualan ini menurut Asphalt and Rubber disebabkan setidaknya karena dua faktor. Salah satunya, adalah kenaikan jumlah pengendara wanita. Faktor lainnya adalah infrastruktur India yang meningkat dengan lebih banyak jalan beraspal di daerah pedesaan dan kota.

Karena itu pertumbuhan diperkirakan bakal terus terjadi di sana.

Sementara di China, pada tahun lalu penjualan untuk kendaraan roda dua mengalami penurunan hampir 11% dari tahun sebelumnya karena warga memilih mobil. Itu disebabkan perekonomian masyarakatnya kian meningkat.

Faktor lainnya adalah polusi yang membuat beberapa wilayah metropolitan China membatasi akses motor ke pusat kota. Ini memang membantu penjualan motor listrik dan skuter, namun pergeseran ini belum mampu menutup gap pada penjualan roda dua.

Ini membuat penjualan motor di China dari tahun ke tahun mengalami penurunan. Pada tahun 2009 ada lebih dari 19 juta kendaraan roda dua dijual di dalam negeri tapi sekarang angkanya hanya ada di sekitar 17 juta unit.

Sementara Indonesia masih tetap ada di posisi ketiga dengan rata-rata penjualan 6 juta unit saja.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here