Pembalap MotoGP Sikut-sikutan, Mekanik Jabat Tangan

Phillip Island (Tenaga Kuda) – Bila para pembalap MotoGP terkadang saling berseteru, entah itu di trek atau di luar trek, tidak begitu halnya dengan mekanik yang meracik motor mereka. Para mekanik antar tim tetaplah bersahabat.

Hal itu diungkapkan oleh Alex Briggs, mekanik yang sudah membantu Valentino Rossi sejak awal masuk kelas utama sampai sekarang.

“Saya rasa hal ini banyak digerakkan oleh media dan sponsor. Jujur saja, ada beberapa gesekan antara pembalap seperti yang Anda harapkan, dan saya percaya itu adalah wajar dalam olahraga apapun,” katanya terkait perseteruan antar rider.

“Sehubungan dengan mekanika, saya akan mengatakan bahwa sangat sedikit kecemasan yang ada,” tambah mekanik yang pernah membantu Mick Doohan ini.

“Kita semua tahu bahwa kita semua bekerja keras, kita juga tahu bahwa kita mungkin bisa bekerja sama satu sama lain di masa depan, atau telah bekerja sebelumnya dan membuat persahabatan di masa lalu.”

Sebagai seorang mekanik, Briggs melanjutkan, dirinya dan tim harus siap dengan berbagai situasi, termasuk bila tiba-tiba si pembalap mengalami cedera seperti yang dialami oleh Rossi beberapa waktu lalu.

“Anda tidak dapat mempersiapkan diri untuk cedera dan saat terjadi, Anda harus siap. Respon kami didikte oleh pembalap. Apakah kita perlu memodifikasi handle bars, membuat beberapa penyesuaian pada settingan untuk membantu, seperti memodifikasi rem, gear shifter or foot pegs? Terlepas dari hal ini, kita semua tetap positif dan membantu yang kita bisa,” paparnya.

Lalu race mana yang menurutnya terbaik? “Setiap balapan yang kamu menangi. Tapi selama bertahun-tahun race tertentu bisa menjadi favorit, mungkin karena daerah, orang-orang, atau makanannya.”

“Race favorit saya sepanjang masa adalah Laguna Seca di Amerika Serikat, yang tidak lagi berada di kalender, karena kami tinggal di Monterey dimana terdapat hotel, makanan, dan kota yang fantastis.”

“Penggemar balap di AS sangat berdedikasi dan sopan. Oh ya, dan lapangan golf di sekitar sana adalah beberapa yang terbaik di dunia.”

Dan yang terburuk? “Perlombaan yang mana pembalap Anda mengalami cedera atau kecelakaan dalam balapan,” pungkasnya di Motorsport.

SHARE