Pengadilan Belanda: Satudarah Organisasi Terlarang

Den Haag (Tenaga Kuda) – Klub motor yang didirikan oleh komunitas keturunan Maluku di Belanda, Satudarah Motorcylce Club (MC) dinyatakan pengadilan Belanda sebagai organisasi terlarang.

Pada pengadilan yang digelar di Den Haag, klub motor ini dilarang di seluruh Belanda karena dianggap sebagai ancaman terhadap ketertiban umum, dan karenanya pembubaran klub motor perlu perlu segera dilakukan.

Selain itu, dua klub pendukung Satudarah, yang disebut ‘Saudarah’ dan ‘Supportcrew 999’, juga dilarang oleh pengadilan Senin [18/6] lalu. Klub pendukung ketiga ‘Yellow Snakes’ dapat terus ada karena pengadilan tidak menemukan bukti pasti bahwa klub ini adalah bagian dari Satudarah.

“Kita dapat mengakhiri situasi bahwa simbol Satudarah menyebabkan intimidasi,” kata Jaksa Penuntut Umum.

Pengadilan pun setuju dengan Jaksa. “Dalam pandangan pengadilan, kombinasi berbagai pelanggaran dengan budaya kekerasan membuat operasi Satudarah bertentangan dengan ketertiban umum,” kata hakim seperti dilansir NLTimes dan dikutip NU.nl.

Menurut pengadilan, klub Satudarah menghargai perilaku kriminal anggotanya, dan klub dapat mengganggu masyarakat.

Namun pengacara Satudarah Erik Thomas berpendapat bahwa pelarangan Satudarah adalah ilusi. Bila memang ada anggota Satudarah yang berbuat kriminal, lanjutnya, maka si pelaku harus dihukum pidana, tapi tidak melarang klub dengan hukum perdata.

Karena itu, pengacara Satudarah mengatakan bahwa bahwa dia kecewa dengan keputusan tersebut. Dia pun akan mempelajari putusan ini dengan hati-hati, seraya mengharapkan klub akan mengajukan banding.

Sebagai catatan, ini adalah keberhasilan kedua bagi Jaksa Penuntut Umum di Belanda yang sedang giat berjuang melawan apa yang mereka disebut ‘Outlaw Motor Gangs’ di Belanda.

Akhir tahun lalu pengadilan juga melarang klub motor Bandidos MC, namun klub itu diketahui sudah mengajukan banding.

Selanjutnya, jaksa juga akan bekerja untuk melarang Hells Angels, dan diharapkan masalah serupa juga akan dihadapkan pada klub No Surrender dalam waktu dekat.

SHARE