Pertamina Mulai Jual Pertalite

Jakarta (TenagaKuda) – Setelah digadang-gadang, Pertamina akhirnya melahirkan Pertalite. Bensin dengan RON 92 ini mulai dipasarkan dengan harga Rp 8.400 per liter.

Pertamina memulai uji coba pasar untuk Pertalite ini. Dalam uji pasar ini, Pertamina melibatkan 103 SPBU di 3 kota besar yaitu Jakarta, Bandung dan Surabaya.

Pulau Jawa-Bali akan menjadi fokus. SPBU di Jawa-Bali itu ada sekitar 4.700, Pertamina menargetkan sekitar 600-1.500 SPBU yang akan menjual Pertalite dalam 2 bulan ke depan.

Saat ini, Pertamina baru menyalukan Pertalite ke 101 SPBU di Jakarta, Bandung dan Surabaya. Masing-masing SPBU hanya mendapat ‘jatah’ sebanyak 5.000 liter per hari. Jumlah tersebut bisa meningkat bila respon pasar positif.

“Ada pasar yang tidak mau menggunakan BBM Ron 88 (Premium) tapi untuk membeli Ron 92, harganya masih terlalu tinggi. Pertalite hadir untuk memenuhi pasar tersebut,” kata Wianda Pusponegoro, VP Corporate Communication PT Pertamina.

Dengan hadirnya Pertalite, maka Pertamina memiliki 5 jenis BBM yaitu Premium (Ron 88), Pertalite (Ron 90), Pertamax (Ron 92), Pertamax Plus (Ron 95) dan Pertamax Racing (Ron 100). Selain itu Pertamina menyalurkan bahan bakar diesel berupa Solar dan Pertamina Dex.

Namun, harga Rp 8.400 yang dibanderolkan pada Pertalite ternyata masih harga promo. Harga itu bisa saja berubah dalam 2 bulan ke depan. [Syu/Pra]

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here