Marquez Tak Jadi Start Terdepan di MotoGP Austin 2018

Austin (Tenaga Kuda) – Marc Marquez tidak jadi start terdepan di MotoGP Austin 2018. Posisi terdepan di balapan diberikan kepada Maverick Vinales.

Keputusan krusial itu terpaksa diambil karena Marquez ditenggarai menghalangi laju Vinales saat tengah dalam kecepatan tinggi.

Akibat hal tersebut, penyelenggara MotoGP memutuskan bila Marc Marquez harus mundur tiga posisi saat start di balapan esok. Jadi, pada balapan nanti Marquez akan memulainya dari posisi ke-4.

Sebelum hal itu terjadi, Marquez terjatuh di sesi kualifikasi di Circuit of the Americas yang membuatnya harus diantar petugas ke paddock untuk berganti motor.

Saat dia kembali ke trek dan melakukan penyesuaian dengan motor keduanya itu, Vinales tengah mengejar catatan waktu terbaiknya. Saat masuk Turn 13, Marquez dianggap menghalangi laju Vinales.

Vinales pun terlihat kesal dan mengeluarkan gestur marah pada Baby Alien.

Saat sesi kualifikasi berakhir, Marquez mencatatkan waktu terbaik 2 menit 3.658, sementara Vinales lebih lambat 0.406 detik di posisi kedua.

Tapi karena insiden tersebut, Marquez tidak bisa mengulangi posisi start terdepan seperti musim-musim selanjutnya. Al hasil, Vinales yang sebelumnya ada di posisi kedua akan start dari posisi pertama di GP Austin 2018.

Pol Espargaro juga dikenai penalti mundur 3 grid karena hal yang sama terjadi pada Qualifying 1. Dengan begitu, Pol yang harusnya start di posisi ke-12 harus rela memulai lomba di posisi ke-15.

Posisi start MotoGP Austin 2018

1. Maverick Vi├▒ales
3. Andrea Iannone
3. Johann Zarco
4. Marc Marquez
5. Valentino Rossi
6. Jorge Lorenzo
7. Cal Crutchlow
8. Andrea Dovizioso
9. Dani Pedrosa
10. Danilo Petrucci
11. Alex Rins
12. Takaaki Nakagami
13. Tito Rabat
14. Bradley Smith
15. Pol Espargaro
16. Hafizh Syahrin
17. Franco Morbidelli
18. Jack Miller
19. Aleix Espargaro
20. Thomas Luthi
21. Alvaro Bautista
22. Scott Redding
23. Karel Abraham
24. Xavier Simeon

Catatan redaksi: Kabar terakhir menyebut bahwa status pole position Marquez tidak dianulir. Sebab walau start di posisi keempat Marquez masih secara resmi terdaftar sebagai pemegang pole di COTA.

 

SHARE