Polisi London Pakai Suzuki Burgman Berbahan Bakar Hidrogen

London (Tenaga Kuda) – Salah satu yang dianggap sebagai bahan bakar masa depan adalah fuel cell atau hidrogen dan Suzuki sudah mulai mengaplikasikannya di Suzuki Burgman.

Kini Suzuki Burgman berbahan bakar hidrogen itu sudah mulai digunakan oleh Kepolisian Metropolitan London, Inggris.

Ada tujuh motor Suzuki Burgman berbahan bakar hidrogen yang mulai digunakan oleh London sebagai bagian dari uji coba untuk membuat udara London lebih bersih.

Suzuki Burgman ini bisa mengonversi bahan bakar hidrogen menjadi listrik untuk kemudian menggerakkan motor listrik yang dipasang di skuter ini.

Hasilnya adalah kendaraan tanpa emisi yang bisa diisi bahan bakar hampir seketika, berbeda dengan kendaraan listrik konvensional yang membutuhkan pengisian tenaga beberapa jam.

“Sebagai layanan kepolisian terbesar di Inggris, kami senantiasa memiliki kendaraan di jalan raya dan oleh karena itu target kami adalah membuat armada kami sebersih mungkin sambil mempertahankan kemampuan operasional,” kata komandan polisi Neil Jarome di Telegraph.

Sementara itu, Direktur Pelaksana Suzuki GB, Nobuo Suyama memaparkan bila skuternya tersebut mampu berjalan 75 mil atau sekitar 120 km berbekal satu tangki hidrogen.

Penggunaan intensif oleh kepolisian pun, lanjut Suyama, bakal memberi masukan penting pada Suzuki untuk mempersiapkan diri lebih baik lagi menyambut era hidrogen di masa depan.

“Data operasional dari operasional ini akan dikumpulkan dan digunakan untuk mendukung program pengembangan kendaraan nol emisi Suzuki,” cetusnya.

SHARE