Rekor.. Inilah Motor Terkecil di Dunia

Jakarta (TenagaKuda) – Ketika Anda melihatnya, mungkin Anda akan berpikir kalau ini adalah motor mainan. Ternyata tidak. Motor ini benar-benar bisa digunakan meski ukurannya hanya seukuran telapak tangan saja. Inilah motor terkecil versi Guinness World Records.

Ya, inilah motor terkecil versi Guinness World Records. Motor unik ini bukanlah datang dari Jepang, Inggris, Italia atau Jerman yang terkenal sebagai asal produsen motor tersohor di dunia, melainkan berasal dari Swedia.

Ini adalah motor buatan Tom Wiberg. Saking kecilnya, motor ini bisa diletakkan di telapak tangan pria dewasa.

leguinnessworldrecords2_499x774Ukuran kecil itu juga diikuti oleh diameter roda yang juga kelewat kecil. Untuk roda depan, diameternya hanya 16 mm. Sementara roda belakang ukurannya 22 mm.

Karena itu, tidak mengherankan bila wheelbase motor ini hanya 80 mm dengan tinggi jok hanya 65 mm. Tapi, meski berukuran kecil, motor yang memiliki bobot hanya 1,1 kg ini ternyata bisa dinaiki oleh orang dewasa.

Berbekal mesin berkekuatan 0,3 hp tadi, motor yang diberi nama Smalltoe ini ketika di tes di Hokerum, Swedia pada 2003 bisa berjalan sejauh 10 meter. Topspeednya 2 km/jam.

Itulah sebabnya rekor motor terkecil di dunia tetap bertahan meski sudah lebih dari 1 dekade. [Syu/Zie]

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here