Renault dan Porsche Mundur dari GIIAS 2018

GIIAS 2018 diklaim sebagai momentum yang paling tepat untuk APM di Indonesia unjuk gigi. Namun ternyata hal itu tidak terjadi pada Renault dan Porsche.

Jakarta (TenagaKuda) – GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 rencananya akan dihelat pada 2-12 Agustus. Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, di Tangerang masih menjadi lokasi dilaksanakannya GIIAS 2018.

GIIAS 2018

Total ada 25 Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan penumpang dan APM kendaraan komersial yang ikut menjadi peserta GIIAS 2018. Semuanya yakni Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, Volkswagen, dan Wuling. Sementara untuk brand kendaraan komersial ada FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, dan UD Trucks.

Kalau sedikit kilas balik, beberapa waktu lalu Seven Events selaku penyelenggara GIIAS 2018 sempat mengumumkan kalau peserta GIIAS tahun ini mencapai 27 APM. “Ya, beberapa waktu lalu kita memang pernah umumkan kalau jumlah peserta 27 APM. 21 APM passanger car dan 6 APM commercial car. Tapi kini finalnya menjadi 25 APM, 19 adalah mobil penumpang dan 6 kendaraan komersial,” kata Agus Riyadi, Project Director Seven Event di Jakarta, Selasa (10/07/2018).

Lebih lanjut Agus menjelaskan jika dua APM kendaraan penumpang yang mundur tersebut adalah Renault dan Porsche. Menurut Agus, Renault dan Porsche mundur dari GIIAS karena masalah internal. “Mereka mengumumkan ketiadaan unit untuk di display di GIIAS. Tapi kita tidak mau lebih dalam untuk tau masalah internal itu,” katanya. Selain Renault dan Porsche, sebenarnya juga ada APM yang menyatakan tidak ikut serta dalam GIIAS 2018. Antara lain Proton, Range Rover, Jaguar, Rolls Royce, dan Bentley.

GIIAS 2018

Meski ada dua APM yang mundur, namun ternyata jumlah peserta dari kalangan produsen kendaraan roda dua tak kalah ramainya. Agus menjelaskan saat ini sudah ada 11 APM yang sudah menyatakan siap jadi peserta pameran otomotif tahunan dari GAIKINDO tersebut.

Ke-11 APM motor tersebut yakni Benelli, BMW Motorrad, Harley-Davidson, Astra Honds Motor, Kawasaki, KTM, Nozomi, Piaggio, Suzuki Motor, Viar, dan Yamaha Motor Indonesia.

SHARE