Rencana 3 Jenis SIM C Terus Digodok

Jakarta (TenagaKuda) – Masbroo.. Markas Besar Kepolisian Indonesia akan menerbitkan kebijakan tiga jenis Surat Izin Mengemudi (SIM) C bagi pengguna sepeda motor. Rencana itu terus digodok oleh kepolisian.

Kepala Korps Lalu Lintas, Inpektur Jenderal Polisi Condro Kirono kembali menegaskan kalau pembagian jenis SIM itu akan didasarkan pada kapasitas mesin.

Tapi pembagian jenis SIM yang diutarakan oleh Condro di akun Facebook resmi Humas Polri berbeda dengan yang dijabarkan Kabid Manajemen Operasional dan Rekayasa Lalu Lintas Korlantas Polri Kombes Pol Drs. Unggul Sedyantoro, Msi.

Unggul sebelumnya mengatakan kalau pembagian itu akan meliputi SIM C yang harus dimiliki oleh para pengendara motor bermesin 0-250 cc. SIM C1 akan dipakai oleh para pengguna motor bermesin 250-500 cc. “Nah SIM C2 itu untuk motor di atas 500 cc,” cetus Unggul. (Baca juga: Siap-siap, SIM Motor akan Dibagi 3: C, C1 dan C2)

Tapi Condro mengatakan kalau SIM C2 akan digunakan oleh pengguna sepeda motor dengan mesin berkapasitas 750 cc ke atas. Untuk pengguna motor dengan kapasitas 750 cc ke bawah sampai 300 cc menggunakan SIM C1. Sementara pengguna sepeda motor dengan kapasitas 300 cc ke bawah menggunakan SIM C.

“Ini kan karakaterisktik motornya berbeda, dan juga penggunanya berbeda,” ujar Condro. (Baca juga: Syarat dan Tarif Resmi Pembuatan SIM)

Condro lalu kembali menjelaskan bahwa kebijakan ini bertujuan untuk meningkatkan keselamatan bagi pengguna sepeda motor terutama motor gede (Moge) dengan kapasitas cc besar. “Ini bertujuan agar lebih safety saja,” kata Irjen Pol Condro menambahkan.

Mantan Kapolda Riau ini mengatakan, bahwa Peraturan Kapolri (Perkap) mengenai kebijakan tiga jenis SIM masih dilakukan pembahasan dan penyusunan di internal Polri. (Baca juga: Ini Dia Prosedur Pembuatan SIM yang Hilang atau Rusak)

“Rencananya akhir bulan ini akan diterbitkan. Tapi belum pasti, karena Perkap masih disusun,” ujar Irjen Pol Condro.

Tentunya, setelah Perkap tersebut dikeluarkan akan dilakukan sosialisasi kepada seluruh jajaran Polres dan kepada semua masyarakat. Tujuanya, agar seluruh pemilik kendaraan bermotor khusus motor mengetahui perihal aturan ini.

Kabarnya, aturan ini akan segera diimplementasi pada April 2016 nanti. (Baca juga: Kepolisian Ancam Razia Para Pengguna Knalpot Racing)

“Kita harus siapkan administrasi, sarana dan prasarana secara bertahap.” [Syu/Pra]

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here