Review All New Honda Brio : Fun Banget!

All New Honda Brio

Sentul (TenagaKuda) – All New Honda Brio memang bukan produk yang baru-baru banget dari PT Honda Prospect Motor (HPM). Tapi baru kali ini tim TenagaKuda.com menjajal langsung city car andalan Honda itu. Rute yang dipilih pun cukup singkat yaitu dari Jakarta menuju Bogor, Jawa Barat.

Meski demikian pengujian kali ini dibalut dengan tema yang cukup fun, karena selain menguji mobil di jalan umum, ada pula lomba efisiensi bahan bakar, serta kegiatan mini slalom. Yah setidaknya bisa mendapat gambaran utuh, seirit apa mobil ini dan seberapa baik handlingnya.

Bisa Sampai 30,1 km/liter

Belasan unit All New Honda Brio sudah terparkir di kantor pusat HPM di kawasan Sunter, Jakarta Utara sejak pagi hari. Sekitar pukul 09.00 rombongan pun dilepas secara resmi untuk bergerak menuju Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat. Rute yang ditempuh adalah dari Sunter menuju Tol Dalam Kota, lalu Tol Jagorawi, keluar di Kota Bogor. Kemudian putar balik masuk Tol Jagorawi lagi lalu keluar di exit Sirkuit Sentul.

All New Honda BrioRute yang ditempuh sekitar 70,4 km dan pada perjalanan ini pihak HPM menantang untuk semua peserta bisa membuat All New Brio seirit mungkin dalam pemakaian bahan bakar. Unit yang digunakan adalah All New Brio Satya transmisi otomatis CVT. Dan dalam kegiatan yang bertajuk “Brio Break The Limit” ini dibolehkan semua strategi untuk membuat mobil sangat-sangat hemat bahan bakar.

Kami menempati unit nomor “5” dan teknik yang kami lakukan adalah menjaga putaran mesin konsisten di 1000-1100 rpm. Sementara kecepatan yang didapat pada berbagai kondisi jalan adalah 40-60 km/jam. Kami pun tidak menggunakan AC namun kaca mobil kami buka sebagian agar tidak terlalu pengap selama perjalanan.

Hasilnya, All New Honda Brio yang kami kemudikan mencapai catatan konsumsi bahan bakar 29,4 km/liter. kami pikir ini adalah pencapaian terbaik di liga irit tersebut, namun nyatanya ada rekan media lain yang mencapai konsumsi bahan bakar 29,6 km/liter, 29,9 km/liter dan 30,1 km/liter. Edan!

Fun Buat Ngepot

All New Honda BrioSesampainya di Sirkuit Sentul, unti mobil yang kami gunakan diparkir berjejer di pinggir sirkuit. Selanjutnya kami menggunakan unti Brio RS. Dan tantangan yang kali ini disodorkan HPM adalah mini slalom.

Sebelumnya pembalap senior Alvin Bahar memberikan instruksi terlebih dahulu bagaimana lintasan slalom yang harus diselesaikan para peserta. “Soal” yang harus diselesaikan peserta adalah membentuk angka “8”, lalu berbelok membentuk angka “0”, setelah itu lurus, dan diselesaikan dnegan parkir 360 derajat.

“Gas aja terus kalau belok cukup lepas gas putar setir, tidak usah rem, karena mobil ini sudah pintar dia bisa membaca gerak setir dengan baik,” pesan Alvin ketika kami minta sedikit bocoran bagaimana menyelesaikan soal slalom ini.

All New Honda BrioAkhirnya hal itu pun kami terapkan. Dan memang benar, All New Honda Brio yang digunakan, meski masih dalam kondisi standar, mampu menyelesaikan slalom dengan baik. Sayangnya saat kami tarik rem tangan untuk menuntaskan parkir 360 derajat dengan smepurna, bodi belakang mobil mengenai cone.

Tapi gak masalah karena ini cuma fun bukan kompetisi yang serius. Intinya mobil begitu asyik untuk dibawa ngepot-ngepot di lintasan sirkuit slalom. Pastinya ini menjawab juga kemampuan handling dari mobil tersebut.

Harga

Berikut daftar lengkap harga All New Honda Brio:

  • All New Brio Satya S M/T : Rp 140.000.000
  • All New Brio Satya E M/T : Rp 148.500.000
  • All New Brio Satya E CVT : Rp 163.500.000
  • All New Brio RS M/T : Rp 176.000.000
  • All New Brio RS CVT : Rp 191.000.000
SHARE