Review All New Suzuki Ertiga : Makin Menggoda!

Review All New Suzuki Ertiga

Review All New Suzuki Ertiga kembali dilakukan di Bali. Sebuah pulau yang punya sejuta pesona. Termasuk trek yang harus kami hadapi. Mampukah All New Ertiga juga membuat kami terpesona?

Bali (TenagaKuda) – Bagi Ertiga, ini adalah generasi kedua yang sudah bisa dinikmati masyarakat Indonesia. Dan dalam dua generasi ini pula Ertiga diuji habis-habisan oleh sejumlah jurnalis di Pulau Dewata.

“Karena Bali bisa mempersatukan segalanya. Baik rekreasi bersama teman, romantisme, maupun liburan keluarga. Hal ini sama dengan konsep All New ertiga yang dapat memenuhi kebutuhan semua kalangan,” ucap Harold Donnel, Head of 4W Brand Development and Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Review All New Suzuki ErtigaHarold juga menjelaskan saat ditanya kenapa lagi-lagi memilih Bali sebagai destinasi pengujian Ertiga terbaru. Menurut dia,, rute jalan di kota ini sangat beragam dan menantang. Ada perkotaan juga ada jalan mendaki dan berkelok serta diselingi pemandangan yang mengagumkan. “Tentunya ini untuk membuktikan perfroma dan kenyamanan All New Ertiga,” kata dia.

Oke kita bahas lebih lengkap tetang hasil review All New Suzuki Ertiga yap

Review All New Suzuki ErtigaEkterior
Boleh dibilang, dibanding generasi pertamanya, hampir tidak ada yang tersisa di bodi All New Ertiga ini. Tampak depan dia punya gril baru, lampu utamanya pun baru, serta mendapatkan bentuk bemper yang juga baru. Kalau diperhatikan, kap mesinnya juga baru karena ada dua garis tegas membentang disana.

Kemudian dari samping All New Ertiga juga benar-benar berubah. Atapnya dibuat lebih tinggi dibagian tengah. Hal ini tentu memberikan dampak ruang kepala penumpang belakang yang lebih lapang. Garis bahunya juga dibuat mengalir dinamis dengan efek floating roof di pilar D.

All New Suzuki ErtigaPlatform HEARTECT generasi terbaru yang digunakan pada mobil ini, membuat bodi lebih panjang 130 mm dibanding generasi sebelumnya. Secara keseluruhan, panjangnya kini menjadi 4.395 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.690 mm. Ia juga punya jarak sumbu roda 2.740 mm atau bertambah 70 mm diantara jok beris kedua dan ketiga.

Sementara itu pada bagian belakangnya juga tak lagi ada bekas sedikit pun dari Ertiga sebelumnya yang dipertahankan pada model baru ini. All New Ertiga pakai bentuk lampu stop baru dengan kombinasi LED dan bulb. Lampu ini dibuat lebih besar dan menjorok smapai ke pilar paling belakang. Kemudian bentuk bemper belakangnya juga baru.

Review All New Suzuki ErtigaInterior
Selain bagian luar yang terlihat lebih mewah, ruang kabin All New Ertiga juga disulap jauh lebih menawan dari sebelumnya. Saat kami pertama kali masik ke kokpit untuk memulat review All New Suzuki Ertiga, kami sedikit terkejut mendapati ambiance di dalam mobil ini.

Aksen kayu pada doortrim, dashboard, serta setir benar-benar memberikan nuansa yang mewah. Posisi setir yang bisa diatur ketinggiannya, lalu jok pengemudi yang juga bisa diatur naik turun, tidak memberikan kesan jika ini adalah mobil Low MPV (Multi Purpose Vehicle).

Review All New Suzuki ErtigaKami mendapati ruang kabin seperti ini lantaran review All New Suzuki Ertiga yang kami lakukan adalah untuk tipe GX. Yakni tipe tertinggi dari Ertiga terbaru. Satu hal yang cukup mengganggu hanyalah aduio layar sentuhnya. Posisinya yang keluar dari dashboard malah menurut kami memberikan efek negatif pada penampilan kabin All New Ertiga. Jika saja audio dibuat terintegrasi dengan dasbor, tentu akan lebih sempurna lagi.

lalu bagaimana dnegan duduk di baris kedua dan ketiga? Gak kalah nyamannya sama jok penumpang depan Bro and Sis ! Jok baris kedua bisa dimaju mundurkan posisinya sampai sejauh 240 mm. Selain itu sandaran punggungnya juga bisa direbahkan sampai 16 derajat. Tentunya ini akan membuat penumpang belakang lebih leluasa saat menikmati perjalanan jauh.

Review All New Suzuki ErtigaLalu kalau jok baris ketiga harus diisi penumpang lagi juga gak masalah. Karena jok baris kedua bis adimaju mundurkan, maka jok belakang masih mendapat akses ruang kaki yang lebar. Selain itu jok baris ketiga ini juga masih bis adirebahkan snadaran punggungnya.

Nah kalau lagi tidak bawa penumpang smapai 7 orang, jok paling belakang ini dapat ditekuk 50:50 untuk mendapatkan bagasi 199 liter atau 40 liter lebih banyak dari ertiga sebelumnya. Ya.. kira-kira 6 koper ukuran sedang bisa masuk ke bagasi ini tanpa mengganggu pendangan pengemudi ke arah belakang.

Review All New Suzuki ErtigaMesin
Kalau Ertiga generasi pertama memberikan kemampuan mesin yang cukup agresif menurut kami, maka beda dengan yang kami rasakan ketika melakukan review All New suzuki Ertiga. Mesin berkode K15B yang dibenamkan pada bonet All New Ertiga juga sanggup membawa kami pada kekaguman baru pada mesin K series milik Suzuki.

Karakternya lembut, bahkan saat puntiran gas sudah lebih dari 3.000 rpm, suaranya tidak terlalu memekikkan telinga. Unit yang kami uji selama di Bali adalah All New Ertiga tipe GX transmisi manual (M/T). Pedal koplingnya juga lembut, jadi gak perlu menyiksa kaki meski dibutuhkan perpindahan gigi yang sering.

Review All New Suzuki ErtigaTetapi karena karakternya yang lebih smooth dari Ertiga sebelumnya, kami butuh momentum kala harus melibas trek menanjak dengan kemiringan yang cukup ekstrim. Cuma ini masih dalam tahap wajar karena mobil masih “nurut” diajak menanjak atau menuruni Gunung Batur. Dan saat jalan terbilang sepi, kami juga maish bisa membesut MPV 7 penumpang ini sampai 80 km/jam dnegan sangat mudah.

Gejala bodi roll? Minim banget Bro, Asli! Dibawa nikung di jalan Kintamani gak ada tuh istilah under steer atau over steer yang berlebihan. Kemudian duduk di bangku penumpang belakang juga gak pusing. Posisi kami tetap stabil, gak ajrut-ajrutan atau bahkan kepala mentok ke atap belakang. aman deh pokoknya buat jalan jauh.

Review All New Suzuki ErtigaYang lebih parahnya nih Bro and Sis… Indikator BBM yang  ada di MID gak bergerak-gerak. Padahal kondisi trek adalah jalan menanjak dan berliku di Kintamani, kemudian turun sedikti ke Ubud, dan lanjut turun lagi ke Denpasar, kemudian balik lagi ke Ubud. Saat diadakan adu irit antar jurnalis, dengan mekanisme tetap menggunakan AC depan serta AC belakang, bahkanada jurnalsi yang bisa mencatat konsumsi BBM 27,72 km/liter untuk yang transmisi manual. Dan 25,98 km/liter untuk yang transmisi otomatis.

Cakep kan…!

Daftar harga All New Suzuki Ertiga :

  • All New Suzuki Ertiga GA M/T : Rp 193.000.000 on the road Jakarta
  • All New Suzuki Ertiga GL M/T : Rp 211.500.000 on the road Jakarta
  • All New Suzuki Ertiga GL A/T : Rp 222.000.000 on the road Jakarta
  • All New Suzuki Ertiga GX M/T : Rp 223.000.000 on the road Jakarta
  • All New Suzuki Ertiga GX M/T ESP : Rp 228.000.000 on the road Jakarta
  • All New Suzuki Ertiga GX A/T : Rp 233.500.000 on the road Jakarta
  • All New Suzuki Ertiga GX A/T ESP : Rp 238.500.000 on the road Jakarta
SHARE