‘Rossi adalah Aset Yamaha’

Losail (Tenaga Kuda) – Setelah kepergian Tech 3, banyak yang percaya bila tim balap Valentino Rossi akan datang ke MotoGP untuk menjadi tim satelit Yamaha. Sebab Rossi adalah aset penting bagi Yamaha.

Perceraian antara Tech 3 dan Yamaha memang membuat kaget banyak orang. Sebab kebersamaan mereka sudah berlangsung selama dua dekade. Tapi karena Yamaha tak juga memberi motor yang sama dengan tim pabrikan, Tech 3 memutuskan bercerai.

Perceraian itu, menurut Direktur Olahraga Ducati, Paolo Ciabatti, akan membuat kesulitan bagi Tech 3 untuk mempertahankan anak asuhnya yang potensial, seperti Johann Zarco misalnya.

Tapi terlepas dari masalah internal di Tech 3, Ciabatti percaya bila tim balap VR46 akan mendapat tempat di Yamaha. Terlebih setelah tim tersebut memutuskan datang ke kelas utama usai Rossi pensiun. Perkiraannya adalah musim 2021.

“Cepat atau lambat tim VR46 akan tiba dan mereka bakal bersama Yamaha, tapi setelah pernyataan Rossi, proyek tersebut sepertinya akan tetap sebatas rencana sampai Vale memutuskan untuk menggantungkan helm,” kata Ciabatti di Corriere dello Sport.

“Tapi Valentino adalah aset bagi Yamaha, dan Yamaha serta Rossi tahu itu. Dia masih pembalap yang cepat.”

“Memiliki seseorang seperti The Doctor di tim itu penting, di luar popularitasnya yang luar biasa karena dia masih bisa menjadi kompetitif dan protagonis di semua balapan. Bagi Yamaha, Rossi punya nilai yang sangat besar,” pungkasnya.

SHARE