Rossi: Bila Ingin Menang, Yamaha Harus Ganti Mesin!

Misano (Tenaga Kuda) – Sudah dua musim Yamaha kesulitan untuk bersaing di kelas MotoGP. Karena itu, Valentino Rossi punya resep agar timnya bisa kembali ada di baris depan.

Menurut The Doctor, Yamaha harus mulai memikirkan untuk mengganti lauout mesin mereka dari Inline 4 menjadi V4. Sebab saat ini hanya Yamaha dan Suzuki yang menggunakan layout Inline 4.

Adapun Honda, Ducati, Aprilia, dan KTM sudah menggunakan konfigurasi V4. Perubahan ini dianggap penting karena tim Jepang tersebut belum juga mampu meraih kemenangan sejak Assen 2017.

Bila di GP Aragon mereka tak mampu menang, maka ini akan menyamai rekor buruk di antara musim 1996-1998 di mana mereka tidak mampu menang di 22 balapan.

“Ya, itu mungkin juga karena mesinnya bermasalah, itu mungkin,” cetus Rossi di Motorsport.

“Kita harus mengatakan Ducati dan Honda telah belajar dari Yamaha, karena Yamaha sudah di sana, empat tahun lalu Yamaha sangat halus. Sementara Honda serta Ducati sangat nyaring, mereka lebih agresif,” paparnya.

“Sepertinya pada beberapa tahun terakhir Ducati dan Honda telah membuat mereka seperti Yamaha. Mereka menggunakan [konfigurasi] V, sementara kami memakai empat garis [sejajar], itu bisa [jadi alasannya].”

SHARE