Rossi Jengkel Aturan Baru MotoGP Untungkan Ducati

Sepang (TenagaKuda) – Valentino Rossi menilai, aturan baru tentang penggunaan ban di MotoGP tidak adil karena hanya menguntungkan tim Ducati. Rossi pun khawatir posisinya tergeser oleh Ducati akibat peraturan ini.

Rossi melihat jika Iannone dan Dovizioso begitu cepat saat tes pra musim kedua di Sirkuit Sepang beberapa hari lalu. Keduanya saat itu menempati posisi keempat dan kesembilan catatan waktu tercepat. Nah menurut The Doctor, cepatnya dua pembalap Ducati itu karena menggunakan ban dengan kompon lembut.

“Saya melihat keduanya dalam kondisi sangat baik dan motor GP15 benar-benar baru. Tetapi saya lantas berpikir jika menggunakan ban lembut saat sesi kualifikasi dan ketika lomba tentu akan membuat Ducati berbahaya,” ucap Rossi.

Menurut Rossi aturan akan ketersediaan pilihan ban berkompon soft dan medium yang lebih banyak bagi tim-tim lapis kedua tentunya akan tidak adil bagi tim lain termasuk Yamaha.

Pasalnya dalam aturan MotoGP 2015, tim-tim tersebut termasuk Ducati, Suzuki dan Aprilia berhak mendapat lebih banyak persediaan ban soft dan medium untuk ban belakang serta kesempatan mengembangkan mesin sepanjang 2015. Sementara aturan ban depan disamakan pada seluruh tim.

Aturan ini baru tidak berlaku jika tim yang dimaksud mampu meraup kemenangan tiga kali di trek kering. “Tiga kemenangan di trek kering? Bagi saya ini tidak adil. Ducati sudah sangat cepat tapi kenapa ditambah adanya aturan ini. Di motorsport hal ini cuma terjadi di MotoGP!” tukas pembalap bernomor 46 itu.

Selain perihal ban, Rossi juga mensoroti adanya aturan baru tentang bolehnya menggunakan bahan bakar 4 liter lebih banyak bagi tim-tim yang tertinggal. Ia mengaku tidak paham apa korelasi penambahan jumlah bahan bakar tersebut dnegan balapan dan catatan waktu. [Pra/Syu]

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here