Speedometer Bermasalah, Yamaha SMax Direcall

Washington (Tenaga Kuda) – Akibat masalah pada sensor kecepatan, Yamaha terpaksa harus menarik (recall) Yamaha SMax 2015. Ada ribuan SMax yang terkena dampak.

Motor yang juga dikenal dengan nama Yamaha Majesty S tersebut diduga punya masalah pada sensor kecepatan yang membuat speedometer tidak bekerja. Recall ini terjadi di Amerika Serikat tapi sebelumnya sudah diumumkan pula terjadi di Jepang.

Di Amerika, ada 2.640 unit SMax yang kena recall. Dalam dokumen National Highway Traffic Safety Administration dijelaskan bahwa kabel sensor kecepatan di roda depan kemungkinan tidak stabil karena terus bersinggungan dengan suspensi.

Hal ini dikatakan dapat menyebabkan kabel sensor bermasalah dan mencegahnya menyampaikan data kecepatan kendaraan ke speedometer.

2015-yamaha-smax-xc155-illustration

Yamaha Motor Corp U.S.A. pertama kali menerima kabar terkait masalah ini pada 2 Desember dari Yamaha Taiwan yang kemudian langsung mereka tanggapi karena diduga motor yang ada di Amerika memiliki masalah yang sama.

Dengan recall ini, dealer Yamaha setempat akan mengganti perangkat sensor kecepatan dengan komponen baru yang sudah didesain ulang dengan menggunakan dua klip penahan agar komponen tersebut tetap ada di posisinya. Piranti sensor kecepatan bawaan awal hanya digunakan satu klip penahan. [Syu/Den]

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here