Suzuki Indonesia Siap Jual Banyak Motor di 2018

Jakarta (Tenaga Kuda) – Setelah lama berdiam diri, Suzuki siap melanjutkan tren positif yang dia dapat di tahun 2017. Untuk 2018, Suzuki memiliki target tinggi.

Pada tahun lalu, berbekal duo GSX, Suzuki mampu meningkatkan penjualan mereka di Indonesia. Saat pasar roda dua secara nasional turun 0,8 persen, Suzuki malah berhasil mencetak pertumbuhan penjualan tertinggi sebesar 27 persen.

Sepanjang tahun 2017 raihan penjualan wholesales (pabrik ke diler) tercatat 72.191 unit dengan pangsa pasar 1,2 persen dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 56.284 unit.

Untuk tahun 2018, Suzuki tidak akan mengendorkan laju pertumbuhan. Merujuk pada plan global “Suzuki Next 100” dimana Indonesia akan menjadi pilar ketiga setelah Jepang dan India, Suzuki Indonesia akan didorong sebagai basis produksi khususnya wilayah ASEAN dan Asia.

Dengan adanya komitmen tersebut, Suzuki menargetkan pertumbuhan positif untuk tahun 2018.

Untuk itu, Suzuki menargetkan untuk meraih pangsa pasar sebesar 2 % di tahun 2018. Dan untuk mendukung target tersebut, Suzuki menyediakan sebelas produk baru, berupa new model dan juga minor change, yang potensial untuk memompa penjualan.

Dari sisi servis, Suzuki menargetkan unit entry sebesar 700.000 unit sepeda motor. Target ini akan diwujudkan dengan beberapa rencana seperti peningkatan kualitas layanan, menjaring kerjasama dengan bengkel mitra di seluruh Indonesia, serta peningkatan mutu mekanik melalui kontes mekanik level nasional & internasional.

Suzuki juga kembali mengalakkan kegiatan safety riding activity dengan target peserta 3.500 siswa dari 68 sekolah di seluruh Indonesia.

Selain itu, meyakini bahwa loyalitas konsumen merupakan salah satu kunci kesuksesan, maka Suzuki akan konsisten untuk terus berinteraksi melalui kegiatan bersama komunitas.

Awal tahun 2018, Suzuki menggelar SBM-Jambore Nasional yang dihadiri 3.000 bikers Suzuki di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Acara ini spesial dengan hadirnya dua pembalap tim Suzuki Ecstar MotoGP 2018, Andrea Iannone dan Alex Rins. Dua pembalap tersebut memimpin parade melintasi Sentul yang diikuti 3.000 bikers dengan panjang iring-iringan sekitar 2 kilometer.

Dalam acara tersebut, Suzuki memperkenalkan satu varian baru yaitu GSX-R150 Shuttered Key System. Berbeda dengan versi sebelumnya yang memakai keyless ignition system, versi ini menggunakan kunci pengamanan dengan sistem mekanis sehingga harganya pun lebih hemat.

Dengan manisnya pencapaian di 2017, maka memasuki 2018 Suzuki akan memperkuat Jaringan penjualan dan memperluas penetrasi pasar. Harapannya Suzuki bisa menjangkau lebih banyak konsumen Indonesia untuk memiliki sepeda motor yang berkualitas dan terjangkau.

“Di tahun 2018, kami akan menjawab ekspektasi konsumen dengan menghadirkan beberapa pilihan produk baru, program penjualan, pelayanan aftersales, serta event-event menarik lainnya,” ujar Yohan Yahya, Sales & Marketing 2W Department Head PT. SIS.

SHARE