Suzuki Jago Ekspor Kendaraan ‘Made In Indonesia’

Suzuki di PRJ 2019

Jakarta (Tenaga Kuda) – Kinerja Suzuki dalam menjalankan aktivitas ekspor, terus mengalami hasil yang positif. Sepanjang 2019 Suzuki berhasil mengapalkan 66.433 unit mobil ke 52 negara tujuan.

Pencapaian ekspor ini terdiri dari 26.820 unit completely knock-down (CKD) serta 39.613 unit completely built-up (CBU).

Kontribusi terbesar ekspor Suzuki dipimpin oleh All New Ertiga sebesar 27.318 unit CBU atau 41,1% dari total ekspor Suzuki dan diikuti oleh Karimun Wagon R dengan kontribusi sebesar 21.936 unit CKD atau 33% dari total ekspor Suzuki.

Raihan positif juga dicapai pada penjualan suku cadang resmi Suzuki, dimana dari sisi pasar domestik roda empat serta suku cadang resmi Suzuki Marine, masing-masing berhasil meningkatkan pendapatannya sebesar 13% di tahun 2019. Di pasar ekspor, peningkatan pendapatan suku cadang resmi Suzuki untuk roda empat mencapai 23%.

Ke depannya, Suzuki akan senantiasa berupaya memperluas jaringan layanan purnajual ke seluruh Indonesia, baik untuk kendaraan roda empat, roda dua, maupun marine.

Rencana Suzuki di 2020
Memasuki tahun 2020, tentunya Suzuki telah menyiapkan berbagai strategi untuk meningkatkan performanya di industri otomotif Indonesia. Antara lain adalah menghadirkan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan serta memberikan value-for-money terbaik.

Untuk tahun 2020, Suzuki meningkatkan target market share untuk mencapai 12% serta target ekspor mobil di angka 69.000 unit baik dari segmen CKD maupun CBU.

Selain itu, selama 2020 Suzuki juga akan menjamin ketersediaan stok spare part dengan harga yang kompetitif, memperluas akses konsumen dengan My Suzuki, membuka Part Depo baru untuk memangkas waktu distribusi, serta menghadirkan produk terbaru Suzuki Genuine Oil dan Chemical yaitu oli ECSTAR.

Suzuki juga akan senantiasa berupaya untuk memperluas jaringan layanan purna jual ke seluruh Indonesia dengan membuka 6 diler baru untuk 4W yang memiliki fasilitas 3S (Sales, Service, Spare Part) agar dapat lebih mudah dijangkau oleh konsumen.

Selain itu, Suzuki juga akan kembali mengadakan program tahunannya seperti pos siaga saat Lebaran serta menjadi sponsor untuk kegiatan AFF Suzuki Cup 2020.

Pencapaian Ekspor Suzuki 2W
Untuk segmen roda dua, Suzuki juga berhasil mencapai angka ekspor kendaraan roda dua sebanyak 181.473 unit dengan 46 tujuan Negara ekspor selama tahun 2019.

Angka tersebut terdiri dari 53.073 unit completely built-up (CBU) serta 128.400 unit completely knock-down (CKD) yang memberikan kontribusi sebesar 72% dari total penjualan kendaraan roda dua.

Di pasar ekspor, peningkatan pendapatan suku cadang resmi Suzuki untuk roda dua mencapai 35%.

Untuk tahun 2020, Suzuki menargetkan untuk meningkatkan kinerja ekspor dengan menambah negara tujuan ekspor, di antaranya Malta dan Paraguay dan mencapai target di angka 248.000 unit baik dari segmen CBU maupun CKD.

SHARE