Suzuki Tak Ingin Salah Pilih Mesin untuk MotoGP 2018

Sepang (Tenaga Kuda) – Bos tim Suzuki Ecstar, Davide Brivio, lagi-lagi menyalahkan pemilihan mesin yang digunakan pada MotoGP 2017 sebagai biang keladi buruknya performa tim tersebut musim ini.

Sebenarnya, menurut Brivio dasar ide pengembangan mesin Suzuki GSX-RR 2017 adalah untuk meniadakan masalah traksi yang menjadi masalah musim lalu.

Tapi sayang, perbaikan di sektor itu tidak seimbang, dan pada gilirannya malah menyebabkan masalah dalam kemampuan manuver, dan menikung.

Mesin ini sendiri dipilih setelah tes di Jerez pada November tahun lalu. Pengetesan itu dilakukan hanya oleh Andrea Iannone yang saat itu memberikan umpan balik positif. Feeling awal tersebut kemudian dikonfirmasikan kembali pada bulan Februari di Sepang.

Tapi setelah digunakan pada balapan, baru disadari bila ada kesalahan pemilihan mesin.

“Terus terang saja, kami membuat kesalahan dalam beberapa pilihan teknis musim ini. Kami memilih spesifikasi mesin…” kata Brivio di Crash.

“Pada 2016 kami ingin memecahkan masalah traksi. Pada 2016 salah satu titik lemah kami adalah kemampuan keluar dari tikungan. Jadi kami mengembangkan satu mesin, mesin yang lebih halus dengan beberapa karakteristik yang seharusnya bisa membantu pembalap di daerah itu.”

“Kami membawa mesin ini ke Jerez pada bulan November tahun lalu dan kami diuji. Andrea menyukainya. Kami kembali mengkonfirmasikannya lagi di Sepang dan Februari. Dia menyukainya dan kembali menegaskan. Sepertinya membantu di sisi traksi.

“Tapi melalui musim ini, kami menyadari bahwa mesin ini menciptakan masalah di daerah lain, seperti masuk ke tikungan, menikung. Pada dasarnya, ini membatalkan manfaat (yang ingin dicapai).”

“Hal ini menimbulkan masalah di beberapa trek dimana pengereman dan masuk ke tikungan sangat penting. Ini adalah salah satu masalah yang kami hadapi tahun ini,” aku Brivio.

Menyadari kesalahannya, untuk menghadapi musim depan Suzuki tak ingin kembali melakukan kesalahan. Perbaikan pun sudah terlihat di beberapa balapan terakhir di mana Andrea Iannone dan Alex Rins tampil kompetitif.

Memang, spek untuk musim depan pada dasarnya tidak terlalu berbeda dengan musim ini. Hanya saja Suzuki, lanjut Brivio, sudah bisa memperbaiki beberapa setting.

“Tidak ada yang baru, atau revolusioner, tapi kami merapikan paketnya, bagian-bagian dan pengaturannya.”

“Ini memberi kedua pembalap dan terutama kepada Andrea, kepercayaan diri lebih. Aku melihatnya lebih santai, lebih percaya diri melihat ke depan dan melihat masa depan.”

“Kami melihat beberapa area yang dapat kami tingkatkan untuk tahun depan. Kami punya beberapa ide. Untuk memahami apakah ini benar-benar bekerja, kita harus menguji dan memeriksanya.”

“Kita akan melihat di musim dingin ini sebagai persiapan untuk balapan pertama musim depan,” pungkas Brivio.

SHARE