Test Drive DFSK Glory 560 – Menarik dan Menggiurkan

Test Drive DFSK Glory 560

Jakarta (TenagaKuda) – PT Sokonindo Automobile kembali menggembrak industri otomotif Tanah Air dengan menyodorkan DFSK Glory 560. Masuk dalam segmen medium SUV, model ini menawarkan desain modern, fitur yang menggiurkan, serta harga yang menggoda. Lalu bagaimana sensasi test drive DFSK Glory 560? Kami mendapatkan kesempatannya.

Bertempat di test drive area ajang Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, test drive DFSK Glory 560 ini memang tidak terlalu lengkap. Namun setidaknya dengan trek yang disediakan, dapat menggambarkan bagaimana feelling berkendara dari mobil tersebut untuk menghadapi sejumlah rintangan, seperti jalan berpolisi tidur, jalan menanjak dan menurun, trek lurus, dan berbelok.

So, gimana rasanya berada di kabin DFSK Glory 560? Berikut hasil pengujian singkat tim TenagaKuda.com

Test Drive DFSK Glory 560

Eksterior

Sangat European Look! Itu impresi pertama kami ketika melihat penampilan Glory 560 saat diresmikan oleh DFSK pada pembukaan Telkomsel IIMS 2019 pada 25 April lalu. Raut wajahnya tampak maskulin dengan tarikan-tarikan garis tegas pada gril dan bemper depan. Bahkan menurut kami, 560 lebih maskulin dibanding sang kakak 580. Namun tentunya ini tergantung dari selera kalian masing-masing.

Desain menawan juga menjalar sampai bagian samping dan belakang. Bahkan ada beberapa pengunjung yang menyebut, seandainya emblem DFSK pada bagian pintu bagasi dihilangkan, tak akan ada yang mengetahui jika ini mobil lansiran DFSK. “Kalau emblemnya dicopot gak akan ada yang sangka kalau ini mobil Cina mas, keren banget sih,” ucap pengunjung Telkomsel IIMS 2019 lainnya yang kebetulan ikut mengantre sesi test drive DFSK Glory 560 bersama kami.

Glory 560 memiliki panjang 4.515 mm, lebar 1.815 mm, tinggi 1.735 mm, dan jarak sumbu roda 2.690 mm. Ukuran ini terbilang lebih kompak jika dibandingkan Honda CR-V Turbo atau Wuling Almaz yang keduanya sama-sama menggunakan mesin 1.500 cc berteknologi turbo. Dengan bodi kompak, tentunya akan membuat pengendaraan Glory 560 lebih lincah dan gesit saat menemui jalan sempit atau padatnya lalu lintas di kota-kota besar.

Test Drive DFSK Glory 560

Interior

Tanpa disangka, masuk ke ruang interior DFSK Glory 560 juga membuat kami tersenyum simpul. Bagaimana tidak, lagi-lagi DFSK sukses menghancurkan stigma mobil-mobil Tiongkok sekitar satu dekade silam yang memiliki interior dengan material plastik dan terlihat ringkih. Sementara Glory 560 tampak lebih kokoh dan joknya dibalut kulit.

Ruang kabin dan ruang kepala dari kendaraan ini juga terbilang baik untuk ukuran pria dewasa warga Indonesia. Dengan tinggi badan 176 cm, ruang kepala masih menyisakan ruang sekitar 5 jari tangan, sementara ketika duduk di jok baris kedua, jarak ruang kaki dengan jok di depannya masih sekitar 6 jari tangan.

Karakter suspensi keras yang biasanya ada pada mobil jenis SUV ternyata juga tidak terasa di Glory 560. Melewati rute test drive dengan hambatan berupa undakan kejut, guncangan di ruang kabin tidak terlalu terasa. Masih kooperatif untuk dipakai harian bagi sebuah keluarga kecil dengan dua anak yang masih balita. Dan kalau sedang membawa barang yang cukup banyak, jok belakang bisa ditekuk rata dengan lantai dan kalian akan mendapatkan ruang bagasi yang sangat lapang.

Test Drive DFSK Glory 560

Mesin

DFSK Glory 560 menggunakan mesin 1.500 cc Turbocharged berkode SFG15T-01. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga puncak 150 ps pada 5.600 rpm dan torsi 230 nm pada 1.800 – 4.000 rpm. Tipe Glory 560 yang kebetulan kami coba menggunakan transmisi CVT, namun ada juga tipe lain yang memakai transmisi manual 6 percepatan.

Sesuai karakter transmisi CVT, hentakan pada tiap pergerakan posisi gear hampir tidak pernah terasa. Semua berjalan mulus, bahkan ketika kami sedikit melakukan kick down. Karena area test drive yang tidak terlalu panjang, maka tak memungkinkan kami untuk memacu mobil ini lebih lama lagi. Setelah kick down, kami pun harus melakukan U-Turn. Guna melakukan hal ini pun tidak terlalu sulit karena Glory 560 memiliki radius putar yang cukup singkat.

Test Drive DFSK Glory 560

Fitur

Nah, ini hal yang harus kami bahas secara detil, karena ada banyak fitur di kendaraan ini yang sangat layak untuk diperhitungkan. Kita mulai dari yang sudah banyak ditemukan di mobil lainnya, Glory 560 punya LED daytime running light (DRL) di bemper depan, alarm system, keyless entry, dan sensor parkir.

Kemudian ada fitur-fitur lain seperti headunit layar sentuh model floating yang bukan cuma sebagai perangkat hiburan tapi telah terintegrasi dengan GPS. Selain itu, melalui layar ini juga bisa menjadi monitor untuk fitur rear camera saat tuas transmisi digeser ke posisi “R”. Tentunya akan memudahkan mendapat visualisasi saat kalian mundur atau parkir.

Fitur lain yang juga tak boleh terlewat disebutkan adalah Dual Airbags, Antilock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Electronic Brake Assist (EBA), Traction Control, Electronic Stability Program (ESP), Hill Hold Control, Electronic Parking Brake, dan Engine Immobilizer.

Test Drive DFSK Glory 560

Harga

Berikut daftar harga DFSK Glory 560 :

  • 1.5L Turbo 6M/T B-type Rp189 Juta
  • 1.5L Turbo 6M/T C-type Rp219 Juta
  • 1.5L Turbo 6M/T L-type Rp229 Juta
  • 1.5L Turbo CVT L-type Rp239 Juta
  • 1.8L CVT L-type Rp239 Juta


SHARE