Thomas Luthi Masih Belajar Kendarai Honda RC213V

Jakarta (Tenaga Kuda) – Thomas Luthi akan segera membalap di arena MotoGP di 2018. Rider yang akan memperkuat Marc VDS ini mengaku masih belajar mengendarai Honda RC213V.

Sebab, Luthi menyadari bahwa dia butuh waktu lebih lama untuk mengubah gaya balap Moto2 ke MotoGP setelah menghabiskan waktu bertahun-tahun di kelas menengah itu.

Hal itu sebenarnya tak mengherankan, sebab dia sudah tampil reguler di Moto2 sejak 2010 atau sejak kelas tersebut mulai dibentuk. Sebelumnya di Moto2, pembalap Swiss itu tiga tahun eksis di kategori 250cc.

“[MotoGP] adalah dunia yang berbeda. Moto2 merupakan sekolah brilian, tapi saya bertahun-tahun di sana dan tentu punya gaya balap Moto2 di dalam diri,” aku Luthi.

“Saya perlu mengubahnya dan mungkin butuh waktu sedikit lebih lama bagi saya untuk beradaptasi dengan MotoGP. Tapi saya benar-benar bekerja keras.”

“Saya bekerja pada lap demi lap, atau bahkan tikungan demi tikungan untuk mengubah gaya balap dengan motor MotoGP, yang mana itu sangat penting.”

“Sulit untuk mendapatkan feeling [menggunakan ban Michelin], khususnya untuk bagian depan. Sangat sulit, karena begitu berbeda dibandingkan ban depan Moto2,” aku Luthi di Motorsoprt.

“Selangkah demi selangkah, saya datang lebih dekat. Ini yang saya lakukan sepanjang hari tes, untuk benar-benar mendapatkan feeling dari depan. Tapi saya masih butuh beberapa lap.

“Saya merasa perlu untuk lebih menekan ketika masuk tikungan dan lebih mengerem terlambat. Jika saya mengerem seperti di Moto2, maka itu cerita yang sama sekali berbeda,” pungkasnya.

SHARE