Tips Memilih Helm Ala Cargloss Proriders

Jakarta (TenagaKuda) – Bagi pemotor, helm adalah piranti wajib yang harus digunakan ketika berkendara. Namun, terkadang kita sering terjebak hanya pada grafis atau gambar yang ada di helm ketika kita membeli sebuah pelindung kepala. Karena itu, inilah tips memilih helm.

Helm sendiri bisa diartikan sebagai sebuah pelindung kepala, dan terbuat dari bahan yang tahan benturan seperti kevlar atau serat resin.

Di beberapa negara, helm merupakan perlengkapan wajib bagi para pengendara motor. Di Indonesia sendiri, kewajiban menggunakan helm sebenarnya sudah dicetuskan oleh Kepala Kepolisian Hoegeng pada awal tahun 70an, tetapi mendapat penolakan yang cukup keras saat itu.

Pada akhirnya berdasarkan Undang Undang No.14 tahun 1992, helm ditetapkan sebagai perlengkapan wajib bagi para pengendara motor.

Karena helm merupakan sebuah perlengkapan yang sangat penting, maka sebaiknya setiap orang teliti saat membeli sebuah helm. Menurut Frans Lee, dari Cargloss Proriders yang merupakan distributor merk helm Arai di Indonesia, ada beberapa tips untuk memilih helm.

1. Pastikan memilih helm yang sesuai dengan ukuran kepala, tidak terlalu sempit atau terlalu longgar. Bila ukuran helm terlalu sempit, pengguna helm akan merasa sakit dibagian kiri, kanan dan atas kepala.

Apabila terlalu longgar, pengguna tidak akan merasa nyaman karena helm akan bergerak pada saat tertiup angin. Selain itu helm yang longgar akan berbahaya pada saat terjadi benturan.

2. Pilihlah helm yang bahan shellnya keras/tidak lentur, bahan keras pada luar helm sangat penting untuk perlindungan maksimal.

3. Pilihlah helm yang melindungi seluruh bagian tempurung kepala, pilihlah helm fullface atau minimal openface karena tipe helm ini yang paling maksimal melindungi kepala anda saat berkendara.

4. Pilihlah helm dengan bagian dalam / inner yang lembut, pilihlah bahan dari kain yang sangat lembut dengan kemampuan maksimal untuk menyerap keringat. Bahan yang lembut akan membuat anda menjadi lebih nyaman memakai helm walaupun dalam waktu yang lama.

5. Pilihlah helm dengan lapisan pengaman dalam yang tebal, hal ini untuk mengimbangi bagian luar helm yang keras, bagian dalam yang tebal dapat meredam benturan dengan benda keras lain yang mungkin saja terjadi.

6. Pilihlah helm dengan tali pengikat yang kuat, tali pengikat yang kuat sangat penting agar helm tidak mudah terlepas dari kepala pada saat pengendara terjatuh ataupun terjadi benturan.

7. Pilihlah helm yang sudah memenuhi standard yang ditentukan. Helm yang sudah memenuhi standard keamanan berarti sudah melewati proses uji, sehingga anda akan merasa lebih aman menggunakan helm tersebut.

“Seringkali orang tidak melihat helm sebagai alat pelindung yang penting, dan itu merupakan suatu kesalahan,” kata Frans.

“Helm merupakan perlengkapan wajib berkendara untuk menjaga keselamatan, oleh karena itu telitilah sebelum membeli sebuah helm, agar dapat menjaga keselamatan kepala anda saat terjadi benturan, tanpa meninggalkan rasa nyaman menggunakannya.”

Cargloss Proriders sendiri adalah distributor dan dealer resmi penyedia apparel technical maupun merchandise bagi biker kelas menegah ke atas dengan merek – merek premium seperti Arai, Alpinestars, VR46 dan Top Racers.

Saat ini Cargloss Proriders memiliki 2 (dua) gerai di Jakarta yaitu di fX Sudirman dan Kuningan City. Selanjutnya CPR akan merambah ke beberapa kota-kota besar di Indonesia seperti Bandung, Medan, dan juga Makassar. [Syu/Pra]

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here