Valentino Rossi Crash, Marc Marquez Menang MotoGP Catalunya 2019

Catalunya (Tenaga Kuda) – MotoGP Catalunya 2019 berlangsung seru. Jorge Lorenzo, Andrea Dovizioso, Maverick Vinales dan Valentino Rossi crash. Marc Marquez pun meraih kemenangan mudah.

Ketika lampu start menyala, Andrea Dovizioso yang start dari posisi kelima langsung melesat ke posisi terdepan. Di belakangnya hadir Maverick Vinales dan MarC Marquez yang menguntit di posisi kedua dan ketiga.

Pada lap pertama ini Jorge Lorenzo mengejutkan banyak pihak karena mampu menempatkan dirinya di posisi keempat.

Ketika balapan masuk ke lap kedua, Marquez dengan cerdik mampu menyalip Vinales. Setelahnya, Vinales terus menekan Baby Alien untuk mengambil lagi posisi kedua namun perlawanannnya masih mampu dipatahkan. Tak lama kemudian Marquez malah mau menyalip Dovizioso.

Tapi aksi ini menimbulkan petaka. Para pembalap yang ada di dekatnya malah mengalami kecelakaan beruntun.

Lorenzo terjatuh di tikungan Turn 10 yang membuat Dovizioso, Vinales dan Valentino Rossi mengalami kecelakaan di perlombaan yang baru menjalani 2 lap ini.

Balapan pun terus berlangsung. Pada lap ketiga posisi terdepan diisi oleh Marquez, Danilo Petrucci, dan Alex Rins.

Fabio Quartararo yang start terdepan ada di posisi keempat diikuti Jack Miler dan Joan Mir.

Pada lap keempat, terhitung tak ada perubahan berarti di line up perlombaan. Marquez bahkan mampu melesat cepat dengan meninggalkan Petrucci dengan selisi 1.6 detik.

Pada lap keenam, Lorenzo sudah selisi 2.2 detik dari pembalap kedua. Di saat yang sama, Rins menyalip Quartararo. Namun itu tak berlangsung lama setelah sang pembalap termuda menyalip jagoan Suzuki lagi.

Pertarungan Rins dan Quartararo kembali terjadi di lap selanjutnya di mana Rins menyalip Quartararo selepas Turn 14 atau saat memasuki lap ketujuh.

Pada lap kedelapan, Rins dan Quartararo mulai mendekati Petrucci. Rins terus menekan pembalap Ducati itu. Namun tekanan itu baru berbuah hasil saat balapan sudah memasuki lap ke-11. Rins sempat menyalip Petrucci di Turn 1 namun kembali disalip Petrucci 1 tikungan setelahnya.

Komposisi pun tak berubah. Marquez masih terus berlari sendirian di depan. Balapan pun hanya menyisakan 14 lap menuju garis finish.

Pertarungan seru tetap tersaji di perebutan tempat kedua antara Petrucci, Rins dan Quartararo. Namun hingga balapan menyisakan 12 lap, posisi belum berubah. Dan di posisi kelima masih pula hadir Miller dan Mir.

Baru satu lap setelahnya Rins akhirnya mampu menyalip Petrucci. Tak lama kemudian giliran Miller menyalip Quartararo namun Quartararo kembali membalu mengambil posisinya.

Ketika balapan menyisakan 10 lap komposisi pembalap adalah Marquez, Rins, Petrucci, Quartararo, Miller, Mir, Espargaro. Selisih Marquez dan Rins sudah mencapai 5,4 detik.

Nasib naas menimpa Fabio Morbidelli saat balapan menyisakan 9 lap saja. Dia crash.

Satu lap setelahnya, Petrucci melesat cepat dan menyalip Rins saat balapan tinggal 8 lap saja. Di sisi lain, Cal Crutchlow sudah bertengger di posisi keenam di depan Mir dan Espargaro.

Ketegangan terjadi saat balapan menyisakan 7 lap. Rins yang mencoba menyalip Petrucci yang membuatnya hampir saja mengalami crash. Hal ini kemudian malah dimanfaatkan oleh Quartararo untuk melewati keduanya.

Quartararo pun ada di posisi kedua diikuti Petrucci, Miller, Crutchlow dan Mir. Rins terperosok ke posisi 7. Satu lap setelahnya giliran yang Crutchlow crash setelah mencoba menyalip Miller di Turn 4.

Saat balapan menyisakan 4 lap, tampak Marquez mulai melambat. Selisih waktu antara dirinya dan Quartararo di posisi kedua tinggal 4,5 detik.

Di belakang keduanya hadir Petrucci, Miller, dan Rins yang berhasil menyalip Mir.

Balapan pun terus berlangsung seru. Pada saat balapan tinggal menyisakan 2 lap, Marquez tetap setia di depan diikuti Quartararo dan Petrucci di posisi kedua dan ketiga.

Di belakang mereka Miller, Rins dan Mir tampak mulai bersaing ketat. Pada lap terakhir, Rins akhirnya mampu menyalip Miller untuk merebut posisi keempat.

Namun saat bendera kotak-kotak dikibarkan, Marquez sukses tetap berada di depan diikuti Quartararo, dan Petrucci di posisi podium.

Ada pun di belakang mereka Rins, Miller, Mir, Espargaro, Nakagami, Rabbat dan Zarco melengkapi 10 besar.

Berikut hasil lengkap MotoGP Catalunya 2019:

SHARE