Vinales: Saya Butuh Rossi

Misano (Tenaga Kuda) – Tanpa kehadiran Valentino Rossi, Maverick Vinales mengaku kesulitan mencari performa terbaik Yamaha M1. Apalagi setelah motor itu menggunakan sasis baru.

Pada balapan MotoGP San Marino, Vinales yang membalap dari posisi terdepan harus tersingkir dari barisan podium karena hanya berhasil finish di posisi keempat.

Dengan hasil itu, Vinales baru bisa mengumlkan 183 poin, tertinggal 16 poin dari Andrea Dovizioso dan Marc Marquez yang ada di puncak klasemen sementara dengan 199 poin.

Memang, sasis itu membuatnya lebih rileks menggeber M1 di kondisi trek kering, tapi ketika trek berubah basah karena guyuran hujan, rider Spanyol itu kesulitan.

“Saya pikir kita telah mengalami banyak kemajuan di trek kering, dengan banyak konsistensi,” kata Vinales.

“Sekarang kita harus memperbaiki di kondisi basah karena Marc dan Dovi selalu terdepan dalam balapan basah, dan jika kita ingin memenangkan kejuaraan kita juga harus berada di sana.”

Karena masih berpeluang meraih titel juara dunia MotoGP di sisa 5 balapan musim ini, Vinales pun mengaku membutuhkan Rossi yang kini tengah memulihkan diri dari cedera patah kaki.

“Saya pikir jika Valentino kembali akan menjadi jauh lebih baik untuk semua orang,” katanya.

“Karena Valentino tahu betul motornya, tahu bagaimana caranya melaju kencang.”

“Juga bagi saya itu bisa membuat akhir pekan sedikit lebih mudah karena kita bisa membandingkan data. Jika rekan kerja Anda lebih cepat dari Anda, Anda bisa menekan motor lebih banyak lagi, juga menekan diri sendiri, jadi Anda tahu batas motornya dan itu benar-benar positif.”

“Akhir pekan ini saya bisa menguji motor sedikit lagi, membuat setting yang berbeda dan saya tidak kehilangan banyak waktu, tapi kami sudah tahu cara untuk berpacu dengan set up itu dengan sasis ini, jadi tidak berubah terlalu banyak.”

SHARE