Vins Duecinquanta: Motor 2-tak Bertenaga 90bhp

Jakarta (Tenaga Kuda) – Bila pabrikan lain bahu membahu membuat motor 4-tak, tak begitu halnya dengan Vins Motors. Pabrikan motor asal Italia tersebut baru saja memperlihatkan sebuah model baru bermesin 2-tak bernama Vins Duecinquanta.

Selama ini Vins Motors memang dikenal sebuah sebuah brand yang setia dengan mesin 2-tak. Dan Vins Duecinquanta ini bukanlah motor sembarangan, karena model ini dikembangkan dan dibuat oleh lima mantan insinyur Formula One dari tim Ferrari.

Untuk Duecinquanta, Vins memberinya sebonggol mesin V-twin dengan kapasitas 244cc.

Tapi jangan salah sangka, meski hanya bermesin 244cc, kekuatan motor ini mencapai 90bhp dalam settingan di trek dan 80bhp di setting jalanan. Angka tenaga tersebut dua kali lipat dari kekuatan barisan motor sport Jepang bermesin 250cc.

Menariknya lagi, karena sasis, body dan pelek dibuat dariserat karbon, maka berat motor ini hanya 85kg saja. Sangat ringan.

Untuk kaki-kaki, suspensi Telelever yang biasa digunakan oleh BMW digunakan pula Vins Duecinquanta. Sementara suspensi monoshock di belakang diletakkan dalam posisi horizontal, seperti Yamaha OW61 dan Drysdale V8.

Sementara untuk kecepatan, Vins mengklaim bila Duecinquanta ini bisa mencapai kecepatan tertinggi sekitar 149mph atau sekitar 239 km/jam.

SHARE