Wow, Indonesia Masuk Kalender MotoGP 2021

Jakarta (Tenaga Kuda) – Ambisi Indonesia dan promotor MotoGP, Dorna untuk menggelar balapan MotoGP Indonesia tampaknya kian menemui titik terang. Ada kabar yang mengatakan bila Indonesia bakal masuk dalam kalender MotoGP 2021.

Sejak beberapa tahun terakhir rumor terkait digelarnya MotoGP Indonesia memang sudah berhembus kencang. Dari dalam negeri, pemerintah sudah terbuka untuk mendukung penyelenggaraan event ini.

Sirkuit Sentul dan Sirkuit Jakabaring yang tengah ingin dibangun saling berebut untuk menjadi tuan rumah.

Tapi kabar terakhir malah mengatakan bila Dorna tertarik untuk menggelar balapan kelas primer itu di sirkuit jalan raya (street circuit) di Lombok.

Untuk memuluskan hal tersebut, delegasi Dorna, termasuk sang CEO, Carmelo Ezpeleta menurut Motorsport telah mengunjungi Lombok beberapa hari lalu untuk melihat langsung lokasi sirkuit jalan raya di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Berdasarkan informasi, proyek pembangunan akan dilakukan perusahaan asal Prancis yang bergerak di bidang Konsesi dan Konstruksi, yakni VINCI Construction Grands Projets.

Area seluas 131 hektar bahkan dipersiapkan untuk membangun komplek sirkuit balap jalan raya (street circuit), beserta investasi sebesar 1 miliar dolar Amerika atau setara Rp 14,5 triliun.

Bila itu benar terwujud maka hal ini menjawab ucapan Ezpeleta tahun lalu. “Mungkin ada sirkuit jalanan di MotoGP. Ada proyek solid di sebuah kota tropis,” cetusnya ketika itu.

“Secara teori, sirkuit berada di perkotaan dan paddock akan tertutup, terintegrasi di pusat eksibisi,” lanjutnya seperti dikutip Motorsport.

“Selama event Grand Prix akan digunakan untuk balapan dan sisanya untuk hal lainnya,” lugasnya.

SHARE