Wow, Petronas Yamaha SRT Dibentuk Hanya dalam Tempo 6 Bulan

Kuala Lumpur (Tenaga Kuda) – Bila biasanya butuh waktu lama untuk mempersiapkan pembentukan sebuah tim MotoGP, tidak begitu halnya dengan Petronas Yamaha SRT. Tim asal Malaysia itu dibentuk hanya dengan persiapan 6 bulan saja.

Tim yang bakal berlaga di MotoGP 2019 itu bermula pada MotoGP Spanyol 2018 saat dikabarkan tersedia dua slot di grid musim 2019.

Hal itu membuat CEO Sirkuit Internasional Sepang, Dato’ Razlan Razali bergerak cepat. Dia bahkan langsung menghubungi CEO Dorna Sports S.L., Carmelo Ezpeleta dan Carlos Ezpeleta.

“Membangun tim MotoGP adalah dimensi yang sangat berbeda dibandingkan dengan Moto2 atau Moto3,” lugas Razali seperti dikutip MotoGP dan dilansir Motorsport.

“Sejak saat itu, saya melakukan kontak dengan Petronas dan mengedepankan tantangan ambisius ini, dan di samping Sirkuit Internasional Sepang, mereka segera menunjukkan minat besar untuk terus maju bersama impian MotoGP,” lanjutnya.

Usai mendapat lampu hijau, Direktur Tim, Johan Stigefelt didapuk tugas menggaet Wilco Zeelenberg – sebelumnya menjabat sebagai Rider Performance Analyst di pabrikan Yamaha, pernah menangani Jorge Lorenzo serta Maverick Vinales.

“Saya merasa bersemangat memulai peran baru ini dan saya kira semakin lama semua orang bersama, semakin baik yang akan kami lakukan.”

“Kami ingin menjadi tim satelit terbaik di grid dan menjadi tim pendukung untuk setiap pembalap muda menjanjikan yang ingin melangkah ke MotoGP,” ucap sang Manajer Tim.

Lebih lanjut, Stigefelt mengungkapkan, bantuan Yamaha selama langkah pertama timnya merupakan hal mendasar.

“Jika mereka tidak membantu kami seperti yang mereka lakukan untuk tes Valencia, dengan para engineer, teknisi, mater … kami tidak akan bisa menjalani tes Valencia dan Jerez,” ujarnya.

“Anda dapat memiliki anggaran terbesar dan materi terbaik, tetapi Anda membutuhkan kelompok manusia yang baik.”

“Jika Anda tidak memilikinya, semangat tim dan tim itu sendiri tidak akan pernah sama,” tandas Stigefelt.

Setelah manajemen balap terbentuk, Petronas Yamaha SRT membidik duet pembalap.

Juara dunia Moto2 2017 dan rookie MotoGP 2018, Franco Morbidelli, diduetkan dengan Fabio Quartararo.

SHARE