Wuling E200, Mobil Listrik yang Disiapkan Buat Indonesia?

Wuling Motors menyatakan diri untuk berpartisipasi dalam ajang pameran kendaraan listrik Tanah Air, lndonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019. Wuling membawa 2 lini produk bertenaga listrik yakni Wuling E200 dan Wuling E100 pada pameran yang berlangsung 4-5 September 2019 di Balai Kartini, Jakarta ini.

“Kehadiran Wuling E200 dan E100 pada ajang IEMS 2019 merupakan bentuk kesiapan kami dalam memasuki era elektrifikasi kendaraan di Indonesia. Di negara asalnya, kedua model ini memang sudah dipasarkan dan mendapat respon yang cukup baik. Oleh karena itu selain dipamerkan, kita juga akan menyediakan unit test drive untuk seluruh pengunjung,” jelas Dian Asmahani, Senior Brand Manager Wulung Motors, di Jakarta, Selasa (3/09/2019).

Wuling E200 merupakan kendaraan bermotor listrik kedua dari setelah E100 yang di Cina mobil ini juga dikenal dengan nama Baojun E200. Mobil ini menggunakan baterai lithium berkapasitas 24 kWh sebagai sumber tenaganya. Baterai ini sanggup menghasilkan daya maksimum 40 hp dengan torsi 110 nm. Saat baterai dalam kondisi penuh daya listrik, baterai mampu menggerakkan mobil sejauh 250 km sebelum diisi ulang lagi. Dan untuk mengisi daya, jika menggunakan sumber listrik 3300 watt maka butuh 8-12 jam.

Mobil dengan konfigurasi 2 penumpang ini merupakan generasi penerus dari E100 yang sempat ditampilkan di GIIAS (GAIKINDO Indonesia International Auto Show) 2018 silam. Beberapa perubahan terlihat pada E200 dibanding E100. Diantaranya desain eksterior yang lebih modern dan menggunakan tema warna two tone. Selain itu bentuk bemper depan dan belakang juga beda. Lalu lampu depan sudah pakai projector. Kemudian kalau E100 masih pakai pelek kaleng dengan ditutup dop, maka untuk E200 sudah pakai pelek alloy 12 inci.

Pada bagian kabin, mobil listrik ini mengusung bentuk dashboard yang modern dilengkapi dengan 11 kompartemen penyimpanan. Ruang penyimpanan ini ada mulai dari sisi pintu, konsol tengah, hingga tempat penyimpanan tersembunyi di bawah bangku penumpang. Selain itu mobil ini juga sudah menggunakan teknologi NVH (Noise Vibration Harshness) untuk membuat ruang kabin lebih kedap suara.

Buat kenyamanan pengemudi, Wuling E200 menggunakan transmisi otomatis dengan tiga mode berkendara yaitu Eco, Normal, dan Sport. Selain itu, beberapa fitur modern seperti keyless entry, start stop button, electric parking brake (EPS), konektivitas Bluetooth dan WiFi, hingga Intelligent Auto-driving sudah ada di mobil ini. Untuk fitur terakhir salah satu keunggulannya adalah mobil bisa diparkir otomatis ketika pengemudi ada di gedung perkantoran atau pusat perbelanjaan.

Beberapa fitur lain yang ada di mobil ini adalah port charging yang ada di bagian depan mobil atau tepatnya dibalik logo Wuling di kap mesin. Kemudian ada juga Electronic Stability Control (ESC), rem cakram pada rodanya, ABS, EBD, SRS Airbags, Parking Camera, Rear Parking Sensor, ISOFIX, sampai Tire Pressure Monitoring System (TPMS).

SHARE