Wuling Perkenalkan Fitur Voice Command Berbahasa Indonesia Pertama di Dunia

Jakarta (TenagaKuda) – PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) merayakan dua tahun perjalanannya di Indonesia. Dan sebagai hadiah ulang tahun kali ini, Wuling mempersembahkan Wuling WIND, sebuah aplikasi voice command yang terpasang pada head unit Wuling Almaz.

WIND merupakan singkatan dari Wuling Indonesian Command. Aplikasi ini memungkinkan para pengemudi atau penumpang Almaz mengoperasikan Smart Multimedia 10.4 inci yang ada di dasbor dengan menggunakan perintah suara. Menariknya, Wuling WIND adalah aplikasi voice command yang menggunakan perintah suara berbasis Bahasa Indonesia. Tentunya apa yang dilakukan Wuling Motors ini adalah yang pertama di Indonesia bahkan di dunia.

“Tahun kedua kami berkarya di Indonesia memberikan kami semangat untuk terus berinovasi dengan teknologi terdepan. Satu diantaranya dengan WIND, fasilitas voice command interaktif berbahasa sehari-sehari pertama untuk varian terbaru Almaz. Fitur ini tentunya dapat membantu pengguna pengendara untuk kehidupan yang lebih baik,” kata Cindy Cai, Vice President Wuling Motors dalam pemaparannya di Jakarta, Kamis (11/07/2019).

Sementara itu Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors menjelaskan jika fitur Wuling WIND dapat diaktifkan dengan mengucapkan kata kunci “Halo Wuling”. “Voice command ini dapat mengoperasikan fitur telepon, radio, entertainment, dan aplikasi yang ada pada Smart Multimedia Wuling Almaz,” katanya.

Secara rinci ia menyebut, untuk fitur Phone, para pengguna Almaz dapat menyebut nama kontak atau sebutkan nomornya, maka sistem WIND bakal membaca jika itu adalah perintah untuk melakukan panggilan terhadap kontak atau nomor telepon tersebut. Dengan perintah suara ini, pengguna Almaz juga dapat menampilkan daftar kontak, panggilan ulang, dan list panggilan terakhir.

Kemudian sistem WIND dapat memberikan perintah suara untuk ngaktifkan dan matikan AC, mengatur suhu, mengatur fan speed dan mengatur arah hembusan AC. Bisa juga dengan perintah suara “Saya Kepanasan”, atau “Saya Kedinginan”, maka sistem akan langsung mengatur suhu AC di dalam mobil.

Kemudian dengan aplikasi Wuling WIND ini, pengemudi atau penumpang Almaz bisa langsung memberikan perintah suara untuk membuka atau menutup jendela pengemudi. Lalu bisa juga membuka atau menutup panoramic roof, dan menariknya bisa juga memberikan perintah suara untuk membuka atau menutup sebagian sunroof dengan perintah “Membuka Sebagian” atau “Menutup Sebagian”.

Lalu WIND juga sanggup untuk remainder jadwal harian, atau menanyakan tanggal dan pukul berapa hanya dengan perintah suara. Di bagian Radio, perintah voice command juga bisa untuk menaikkan dan menurunkan volume audio, atau untuk mute dan unmute. Kalau bosan, bisa juga untuk mencari frekuensi radio tertentu dengan menyebutkan angka frekuensi radionya. Jika Anda sudah menyimpan beberapa frekuensi radio, dengan perintah suara Anda dapat mengganti dari satu frekuensi radio ke frekuensi radio lainnya.

Untuk di fitur Entertainment fitur ini akan memudahkan akses mendengarkan file musik baik dari CD atau DVD, bahkan untuk mengakses USB atau AUX yang sudah terkoneksi dengam Smart Multimedia di Almaz cukup dengan menggunakan suara. Menariknya, akses penggunaan suara ini juga dapat dilakukan oleh penumpang Almaz di bagian kursi belakang, selama suaranya dapat terdengar pada microphone yang diletakkan di dekat tombol sunroof.

Fitur Wuling WIND ini baru bisa dinikmati pada model Wuling Almaz tipe 7 penumpang. Tapi jangan takut buat pengguna Almaz lainnya, untuk yang sudah punya unit SUV Wuling ini tapi belum tersedia fitur WIND pada sistem Smart Multimedia di mobilnya, maka pihak Wuling Motors bersedia untuk melakukan penambahan fitur ini di dealer Wuling mulai Agustus 2019 mendatang.

SHARE