Yamaha Tak Mau Rekrut Alex Marquez

Jakarta (Tenaga Kuda) – Alex Marquez adalah adik juara dunia MotoGP, Marc Marquez. Karena itu, akan aneh bila Yamaha mengambil Alex sebagai pembalap mereka.

Sebab sang kakak, Marc, adalah pembalap andalan Honda yang notabene saingan berat Yamaha.

Alex Marquez yang merupakan juara dunia Moto3 2014 saat ini memang tengah mencari peluang untuk naik ke kelas MotoGP.

Pihaknya mengaku telah melakukan pembicaraan dengan beberapa tim, salah satunya SIC-Petronas, yang akan menjadi tim satelit Yamaha tahun depan.

Namun Yamaha menolak opsi tersebut, Jarvis mengatakan akan aneh merekrut Alex, ketika sang kakak, Marc, menjadi ujung tombak rival.

“Memiliki satu dari pasangan kakak adik di Yamaha akan aneh, jika saudaranya adalah rival utama kami,” ungkap Jarvis seperti TenagaKuda kutip dari Motorsport.

Sang kakak, Marc, bergurau tentang masalah ini di Sachsenring. Menurutnya, Alex akan melanjutkan satu tahun lagi di Moto2.

“Di Yamaha, [Marquez bersaudara] tidak diterima dengan baik,” ungkapnya.

Hal tersebut kembali disinggung di Inggris, dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi Italia, Sky, Marc kembali disinggung tentang bagaimana hubungannya dengan skuat Iwata.

“Lin Jarvis mengatakan ia tak ingin melihat seorang Marquez dengan motor Yamaha, ia telah mengatakan kepada saya secara pribadi pada 2016. Saya menerima dan menghormati keputusannya,” jawabnya.

Setelah presentasi proyek satelit baru Yamaha, Petronas Yamaha Sepang Racing, Jarvis diminta konfirmasi terkait pernyataan Marquez. “Saya belum berbicara dengan Marc, jadi saya tidak bisa mengatakan apapun.

Namun, ia menggunakan pernyataan Marc, yang mengatakan Alex belum sepenuhnya siap naik kelas, sebagai pertimbangan utama tidak merekrutnya.

“Benar bahwa ada beberapa pembalap lain yang bisa dipilih untuk proyek ini, Marc sendiri mengatakan adiknya mungkin belum siap melangkah menuju MotoGP,” tutur Jarvis.

“Jadi, ia tidak cukup kuat untuk menjadi opsi utama kami,” lugasnya.

SHARE