Yuk Intip Omset Bisnis VR46 Milik Valentino Rossi

Tavuilla (Tenaga Kuda) – Valentino Rossi memang pembalap yang serba bisa. Bukan hanya jago di arena balap, di dunia bisnis pun nama Rossi terus menggeliat.

Di arena balap Rossi tidak hanya piawai ketika berkendara dengan roda dua yang sudah memberinya 7 titel juara dunia, saat balap mobil, Rossi pun terhitung jago.

Ya, sebab Rossi tercatat sebagai juara 4 edisi Monza Rally Show.

Sementara di dunia bisnis, lini bisnisnya, VR46 terus berkembang. Omset VR46 sudah mencapai 20 juta euro atau setara Rp330 miliar.

Kegiatan bisnis VR46 sendiri mencakup banyak hal. Perusahaan ini sisi bisnis dan pemasaran mechandise Rossi serta beberapa pembalap lainnya dari berbagai kategori.

Ada pula lini bisnis lain seperti VR46 Riders Academy dan VR46 Sky Racing Team, yang juga menjadi elemen penting dalam bisnis Rossi.

“Sekitar 80 orang bekerja di VR46, 40 di antaranya mendedikasikan aktivitas mereka untuk pemasaran. Semua orang senang di sini, kami bersenang-senang dan hidup seperti ini,” jelas direktur VR46 Alberto Tebaldi di Motorsport.

“Kami semua peduli dengan [rekan kerja] lainnya, dan kami coba membuat segalanya lebih mudah. Dari eksekutif hingga juru masak, begitulah Vale selalu menjalani hidupnya.”

Tak hanya pernak-pernik Rossi semata, VR46 juga mengelola desain, pembuatan, dan pemasaran merchandise pembalap lainnya seperti Maverick Vinales ataupun Cal Crutchlow.

“Valentino mewakili 80% omset yang tahun lalu mencapai 20 juta euro. Menurut perkiraan angka, tahun 2018 kami mencapai jumlah itu juga,” tambah Gianluca Falcioni, kepala divisi desain VR46.

“Sebelumnya, kami bekerja dengan Juventus selama dua tahun, dan saat ini kami melakukannya dengan Lamborghini.”

“Kami bertanggung jawab atas semua prosesnya, dan telah hadir di 50 negara.”

“Kami memiliki titik penjualan berbeda tiap balapan di Eropa, dan ketika kami sampai di luar negeri, kami mendapat dukungan dari distributor kami. Selain itu, kami juga memiliki toko di Tokyo, Kyoto, dan Taiwan.”

Untuk balapan, VR46 bertanggung jawab atas karier para pembalap akademi. Dalam hal ini, Tebaldi dibantu tangan kanan Rossi, Uccio Salucci dan juga Carlo Casabianca.

“Manajemen pembalap kami mencakup 360 derajat [atau keseluruhan proses]. Kami bertanggung jawab atas kontrak pembalap, dan juga persiapan pada berbagai level,” jelas Salucci.

“Untuk itu, kami mengambil persentase. Dengan cara ini, anak-anak bisa sepenuhnya fokus pada berkendara dan berlatih, hal yang harus mereka lakukan.”

“Kami terus memantau mereka dari segi nutrisi, dan juga dari sudut pandang pelatihan fisik.”

“Tiap kami menyiapkan aktivitas dengan motor, apapun jenisnya, segalanya siap, dan mereka didampingi mekanik dari Sky team yang siap membantu mereka.”

“Kami ingin menghasilkan juara dunia MotoGP, namun tidak berharap akan sukses secepat itu.”

“Kami tidak berpikir [Francesco] Bagnaia dapat berkembang secepat itu, begitupun dengan [Marco] Bezzecchi dan [Luca] Marini, meski menunjukkan mereka punya talenta luar biasa.

“Bagaimanapun, pertama-tama kami ingin memenanginya bersama Valentino, dan kemudian kita lihat nanti,” pungkas Salucci.

SHARE