‘Zarco dan Folger Harus Pakai Yamaha M1 2017’

Silverstone (Tenaga Kuda) – Musim ini dua pembalap tim satelit Yamaha, Johann Zarco dan Jonas Folger beberapa kali finish di depan pembalap pabrikan, Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Padahal kedua debutan itu hanya menggunakan Yamaha M1 2016.

Rossi pun penasaran bagaimana performa kedua rider Yamaha Tech 3 tersebut bila menggunakan motor yang sama dengan dirinya dan Vinales yakni Yamaha M1 dengan spesifikasi terbaru.

“Folger dan Zarco sangat cepat. Akan menarik melihat mereka dengan motor kami. Ini sesuatu yang harus diputuskan Yamaha,” kata Rossi di Motorsport.

“Honda melakukan pekerjaan hebat bersama (Cal) Crutchlow. Dia terkadang menjalani tes di trek di mana (Marc) Marquez dan (Dani) Pedrosa tidak bisa. Kami tidak bisa melakukan itu kepada Tech 3 karena kami punya motor berbeda,” lugas The Doctor sebelum mengalami kecelakaan yang membuatnya patah tulang.

Memang saat ini hanya Honda yang memberikan pembalap satelit mereka, Crutchlow motor yang sama dengan pembalap pabrikan, Marquez dan Pedrosa. Sementara brand-brand lain masih memberikan tim satelit motor dengan spesifikasi tahun sebelumnya.

Namun, Yamaha tampaknya mulai melangkah maju. Pada seri Silverstone lalu, Zarco dan Folger diberikan kesempatan untuk menguji coba fairing aerodinamika baru milik.

“Saya sangat senang Yamaha memberikan kami kesempatan untuk mencoba fairing ini, dan bahwa kami mendapatkan dukungan Yamaha dengan cara seperti itu,” ujar Folger.

“Setiap kali saya mendengar kami mendapatkan material baru, saya merasa senang dan terkejut. Sejujurnya, saya tidak menduga kami akan mendapatkan begitu banyak upgrade di awal musim, karena kami tim satelit.”

“Di beberapa balapan kami cukup cepat dibandingkan dengan tim pabrikan, tapi mereka masih mendukung kami, dan itu sangat bagus. Untuk menguji beberapa material untuk Yamaha adalah hal bagus. Itu berarti mereka percaya pada Anda, dan Anda bisa membantu mereka membuat motor lebih baik.”

“Mereka membutuhkan informasi sebanyak mungkin dari banyak pembalap dan mereka memiliki empat pembalap (termasuk Tech 3). Jadi saya berpikir, penting kita semua bisa menguji coba beberapa material,” pungkas Folger.

Sementara Zarco menganggap kepercayaan yang mulai diberikan tim pabrikan Yamaha sangat bagus bagi perkembangan M1 ke depannya.

“Saya senang bagaimana ini berjalan. Saya anggap ini sangat bagus dan kami harus memanfaatkannya dengan baik,” kata Zarco.

SHARE